Banten Masuk Zona Merah Kasus Pungli

Batur Parisi    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:35 WIB
pungli
Banten Masuk Zona Merah Kasus Pungli
Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Banten -- MTVN/Batur Parisi

Metrotvnews.com, Serang: Banten masuk zona merah kasus pungutan liar (pungli). Sepanjang 2017, Tim Saber Pungli mencatat ada 32.000 pengaduan dari masyarakat. Aduan paling banyak dari Jawa Barat, disusul Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Riau, dan Banten.

"Setiap aduan yang masuk akan diujikan terlebih dahulu oleh Pokja Intelijen," kata Ketua Tim Sosialisasi Satgas Saber Pungli Pusat sekaligus Pokja Intelijen Saber Pungli M. Shadiq di Hotel Le Dian, Serang, Banten, Rabu 11 Oktober 2017.

Menurut Shadiq, 1.000 aduan telah ditindak lanjuti. Minimnya tindak lanjut yang dilakukan Tim Saber Pungli, karena tidak semua aduan yang masuk benar adanya.

Shadiq menjelaskan, ada 409 pengaduan, 27 kasus operasi tangkap tangan (OTT), dan 64 tersangka ditetapkan terkait pungli di Banten. Pungli paling banyak terjadi pada institusi pendidikan, perizinan, dan Kepolisian.

"Masyarakat jangan takut untuk melaporkan kepada kami jika mengetahui ada pungli, baik melalui email, telpon dan SMS," lanjutnya.

Sekertaris Daerah Banten Ranta Soeharta mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan daerah dan instansi yang rawan terjadi pungli. Ia pun akan terus meningkatkan pelayanan dan pengawasan terhadap instansi pemerintah yang ada di Banten.

"Kita juga melalui Unit Pelayanan Pungli (UPP) terus melakukan sosialisasi untuk kabupaten/kota terkait pungli. Saya berharap, masyarakat bersedia mengadukan jika mengetahui terjadinya pungli, supaya kita bisa menindak pelakunya," tegasnya.

Selain itu, lanjut Ranta, pihaknya juga mendesain agar semua transaksi dan pelayanan menggunakan sistem online, mulai dari e-Planing hingga e-Budgeting. "Paling tidak ini langkah preventif yang bisa kita lakukan," tutupnya.


(NIN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

25 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA