Pemkot Tangerang Berharap Campur Tangan Pemprov Banten Mengatur Eretan

Farhan Dwitama    •    Kamis, 20 Apr 2017 10:12 WIB
perahu eretan
Pemkot Tangerang Berharap Campur Tangan Pemprov Banten Mengatur Eretan
Eretan yang menghubungkan Kecamatan Neglasari di Kota Tangerang dengan Kecamatan Sepatan di Kabupaten Tangerang -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang mengharapkan campur tangan Pemerintah Provinsi Banten untuk mengurus moda penyeberangan air darat (eretan) yang menghubungkan wilayah Sepatan Timur di Kabupaten Tangerang dengan Kedaung di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rahman mengaku, pihaknya tak dapat berbuat banyak mengurusi keberadaan eretan. "Kita belum punya aturan yang mengatur masalah itu," kata dia di kantornya, Jalan Sintanala, Mekarsari, Neglasari, Tangerang, Banten, Kamis, 20 April 2017.

(Baca: Keselamatan Pengguna Jasa Eretan tak Dijamin)

Saeful menjelaskan, ketidakmampuan Pemkot Tangerang mengatur lantaran keberadaan eretan menghubungkan dua wilayah. "Harusnya izin itu diatur oleh provinsi," tegasnya.

Meski begitu, Saeful mengaku, pihaknya pernah berkomunikasi dengan pengusaha dan awak eretan terkait standar operasional prosedur (SOP) keselamatan yang harus ada. DAlam waktu dekat, ia akan kembali menyampaikan terkait SOP pada rapat koordinasi.

"Agar keselamatan penyeberangan sungai air darat ini terjamin," ucapnya.

Menurut Saeful, eretan yang ada untuk menyebrangi Sungai Cisadane itu murni dikelola masyarakat setempat.

Hingga kini, sejumlah warga Tangerang masih menggemari menggunakan eretan. Keberadaan eretan yang membelah Sungai Cisadane antara Kecamatan Neglasari dengan Kecamatan Sepatan dinilai cukup membantu.

(Baca: Eretan Masih Digemari Warga Tangerang)

Meski kondisi kapal seadaanya, warga yakin, eretan cukup aman untuk ditumpangi bersama-sama. Padahal, eretan hanya terbuat dari kayu balok dengan papan triplek sebagai alas. Atapnya menggunakan plastik terpal agar terlindungi dari matahari.

Untuk menarik eretan dibutuhkan enam orang. Setiaporang memiliki tugas masing-masing. Ada yang bertugas menarik tali, mendorong kapal dengan bambu, dan menyiapkan papan untuk pejalan kaki maupun sepeda motor yang menyeberang.
(NIN)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA