Menkumham Pastikan tak Ada Calo pada Penerimaan CPNS

Agung Widura    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:52 WIB
kemenkumham
Menkumham Pastikan tak Ada Calo pada Penerimaan CPNS
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly -- MTVN/Agung Widura

Metrotvnews.com, Pontianak: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly memastikan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungannya tidak ada percaloan dan KKN. Penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham tahun ini akan menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) yang ditangani Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Hari ini, tim sedang melakukan persiapan pendaftaran. Pada September, pendaftar akan menjalani tes. Saya pastikan, tidak ada titipan serta calo dalam penerimaan CPNS," kata Yasonna usai menghadiri Kongres Dayak Internasional I di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu 26 Juli 2017.

(Baca: Pemerintah Resmi Umumkan Penerimaan CPNS 2017)

Penerimaan CPNS 2017 di Kemenkumham akan diperuntukkan bagi lembaga permasyarakatan dan imigrasi. Ia berharap, adanya penambahan sumber daya manusia bisa mengatasi berbagai persoalan di lembaga permasyarakatan yang saat ini dinilai kurang baik.

"Kebutuhan CPNS sebanyak 14.000. Nanti sebagian diletakkan di lapas dan imigrasi yang sangat membutuhkan SDM cukup besar," jelasnya.

(Baca: MenPAN-RB Tegaskan Penerimaan CPNS 2017 Bebas Biaya)

Sedangkan, untuk pos-pos lintas batas yang saat ini masih kekurangan pegawai akan diprioritaskan putra-putri daerah yang berdomisili di sekitar pos. Mereka dianggap lebih menguasai kondisi daerahnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Agar kinerja para pegawai bisa meningkat," pungkas Yasonna.


(NIN)