Penembakan Pesawat Susi Air Sasar Senjata Penumpang

Juven Martua Sitompul    •    Sabtu, 17 Jun 2017 18:29 WIB
penembakan
Penembakan Pesawat Susi Air Sasar Senjata Penumpang
Ilustrasi. MTVN/M. Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri menyebut pesawat Susi Air jenis Pilatus PK-BVC yang ditembak di Puncak Jaya Papua sudah diincar oleh sekelompok orang. Diduga kuat motif penembakan justru untuk menguasai senjata anggota Brimob yang berada dalam pesawat.

"Keliatannya sebenarnya bukan polisinya, tapi senjatanya. Mereka kan bawa senjata," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Komplek PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu 17 Juni 2017.

Awak kapal sudah merasakan pesawat yang dikemudikannya mulai mengalami gangguan sebelum mendarat. Saat mendarat, ditemukan lubang bekas tembakan di bagian ban dan badan kanan pesawat.

Meski begitu, jenderal bintang dua ini enggan membeberkan dalang di balik penembakan itu. Dia hanya menyebut, perlu pendalaman untuk mengungkap insiden penembakan Susi Air tersebut.

"Ada kelompok-kelompok yang memang sudah diidentifikasi itu. Tapi kita perlu cek lagi, masih ada pendalaman," tuturnya.

Mantan Wakil Kepala Intelijen dan Keamanan Polri ini menyebut senjata yang digunakan diduga merupakan jenis laras panjang. Namun, polisi masih kesulitan menentukan jenis senjata karena proyektil peluru belum ditemukan.

Atas insiden itu, Polri pun akan melakukan evaluasi pengamanan di area Bandara. "Tapi dengan adanya ini, pasti kita lakukan evaluasi seberapa penting untuk peningkatan pengamanan," pungkas Setyo.

 


(SUR)