Komisi IV Ingin Sentra Kuliner Ikan di Palembang Diperbanyak

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 16 Apr 2018 11:31 WIB
berita dpr
Komisi IV Ingin Sentra Kuliner Ikan di Palembang Diperbanyak
Komisi IV DPR RI meninjau program KKP di Sumatera Selatan (Foto:Dok.DPR)

Palembang: Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Selatan. Mereka meninjau program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Kunjungan kerja ini khusus pada program Kementerian Kelautan dan Perikanan saja. Kami ingin melihat sejauh mana program ini bermanfaat bagi daerah dan masyarakat Sumatera Selatan,” kata Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo, dalam keterangan tertulis, Senin, 16 April 2018.

Salah satu program yang ditinjau oleh Komisi IV DPR RI itu adalah ke Sentra Kuliner Ikan Area Monpera Palembang. Tempat tersebut merupakan sentra pemasaran produk olahan ikan. 

Dia meyakini, dengan adanya sentra pemasaran produk olahan ikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan. Dia ingin agar tempat serupa ditambah.

"Dengan anggaran KKP kurang lebih Rp7 triliun, jika kita minta Rp50 miliar saja untuk membangun sentra kuliner seperti ini, saya yakin teman-teman fraksi di Komisi IV akan setuju,” ucap politisi Partai Gerindra itu.

Hal senada dikatakan Pjs Wali Kota Palembang Akhmad Najib. Menurutnya, sentra kuliner seperti itu sangat bermanfaat bagi kota Palembang. 

“Konsumsi ikan di Palembang sangat tinggi dan sungguh luar biasa dibutuhkan. Salah satunya, untuk membuat pempek butuh hampir 6,4 ton ikan per hari. Artinya bahan baku ikan ini sangat di butuhkan,” kata dia.

Lebih lanjut Najib menjelaskan, Kota Palembang tidak lama lagi akan menjadi tempat perhelatan olahraga Asian Games 2018. Selain sentra kuliner dan destinasi di Jakabaring Sport Centre (JSC), juga sudah disiapkan di Sentra Kuliner Ikan Area Monpera Palembang. 

"Terima kasih dan selamat datang kepada Komisi IV DPR RI. Semoga sentra kuliner ini bermanfaat bagi masyarakat Palembang,” kata Najib.

Kunjungan kerja tersebut diikuti oleh sejumlah Anggota Komisi IV DPR RI, yaitu Siti Hediati Soeharto, Muhammad Nasyit Umar, Guntur Sasono, Ahmad Yohan, Andi Akmal Pasaluddin, Fadholi, dan Fauzi H Amro.

Rombongan Komisi IV DPR RI diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Pjs Wali Kota Palembang Akhmad Najib, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo, serta Direktur Kapal dan Alat Penangkap Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan Agus Suherman.


(ROS)