Pemkot Manado Klaim Punya Perda Kebersihan yang Kuat

Mulyadi Pontororing    •    Rabu, 16 Jan 2019 16:29 WIB
sampah
Pemkot Manado Klaim Punya Perda Kebersihan yang Kuat
Persidangan para pelanggar Perda Pengelolaan Persampahan di Kota Manado. Foto: dokumen/Bagian Hukum Pemkot Manado.

Manado: Kota Manado, Sulawesi Utara, masuk daftar 10 kota di Indonesia berpredikat kota terkotor versi Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan (KLHK). Pemerintah Kota Manado mengklaim Perda Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Sampah dan Retribusi Kebersihan yang mereka miliki cukup efektif

Kepala Bagian Hukum Pemkot Manado Budi Paskah Yanti Putri mengatakan perda itu diatur soal pengelolaan sampah. Mulai dari bank sampah, penglolaan sampah berbasis kecamatan hingga penegakan hukum untuk pelanggar.

"Serta waktu-waktu buang sampah maupun cara-cara pengelolaan sampah. Perda itu juga mengatur setiap pemukiman harus mempunyai satu tempat pengelolaan sampah," kata Yanti, Rabu, 16 Januari 2019, di Manado.

Pihaknya menggelar sidang dua minggu sekali untuk para pelanggar Perda. Pelanggar perda masuk dalam kategori tipiring dan menghukum sesuai perda.

Pemkot Manado tengah merancang perda terkait pengurangan sampah plastik. Rancangan ini sudah mulai diterapkan di jajaran Pemkot Manado.

"Seperti tidak lagi menggunakan botol minum sekali pakai. Para pegawai diwajibkan menggunakan tumbler atau botol sejenis yang bisa mengurangi penggunaan plastik," terangnya.

Label kota terkotor, kata Yanti, lantaran TPA Kota Manado yang sudah tidak memadai. Pemerintah kota masih mencari solusi untuk masalaha tersebut.

Pemkot Manado tengah menunggu hasil kajian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mencari lokasi TPA regional. "Namun jika masih belum juga Pemkot akan segera mencari solusi lain untuk TPA tersebut," ujarnya.
 


(SUR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA