81 Guru di Palangka Raya Delapan Bulan tak Digaji

Surya Perkasa    •    Kamis, 13 Sep 2018 19:27 WIB
gurutenaga honorer
81 Guru di Palangka Raya Delapan Bulan tak Digaji
Ilustrasi guru sedang mengawasi siswa ujian. MI/SUPAARDJI RASBAN

Palangka Raya: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menemukan 81 guru tidak tetap tak digaji. Mereka telah delapan bulan bekerja tanpa pamrih.

"Ke-81 guru ini terdiri atas 50 guru SD dan 31 guru SMP. Terhitung sejak Januari-Agustus 2018 gaji mereka tidak bisa dibayarkan oleh pemerintah kota," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah, seperti yang dilansir Antara Kamis, 13 September 2018.

Gaji 81 guru tersebut tak dibayar karena surat keputusan pengangkatan sebagai guru tidak tetap dikeluarkan Wali Kota Palangka Raya. Surat tersebut baru terbit pada Agustus 2018. Puluhan guru tersebut sebelumnya merupakan guru honor yang di bawah kewenangan Pemprov Kalteng.

Upah kerja guru tersebut dilimpahkan ke Pemkot Palangka Raya seiring penyerahan kewenangan pengelolaan pendidikan SMA di bawah provinsi dan SD, SMP di bawah pemerintah kota. Akhirnya gaji mereka 'terombang-ambing' SK pengangkatan yang akhirnya terbit.

"Tapi, untuk empat bulan ke depan terhitung mulai September hingga Desember, gaji mereka telah dianggarkan dengan total anggaran senilai Rpp324 juta," kata dia.


(SUR)