Dua Pabrik Miras Palsu di Tangerang Digerebek

Farhan Dwitama    •    Jumat, 13 Apr 2018 13:54 WIB
miras oplosan
Dua Pabrik Miras Palsu di Tangerang Digerebek
5 tersangka pengedar dan pengoplos miras palsu dibekuk Polres Tangsel, Jumat 13 April 2018. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama

Tangerang: Polres Tangerang Selatan, Banten, membongkar dua pabrik produksi minuman keras palsu. Ribuan botol miras palsu dengan merk Mansion dan Vodka dari dua pabrik rumahan ini disita sebagai barang bukti.

Pengungkapan ini berawal dari tewasnya Rohman dan Ade Firmansyah, dua keamanan perumahan Permata Bintaro, usai menggelar pesta miras berhari-hari.

"Dari situ kami tetapkan penjual RMJ sebagai tersangka,” kata Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Jumat 13 April 2018 di Mapolres Tangsel.

Kasus kemudian dikembangkan. Dua TKP pabrik produksi miras oplosan yang berhasil diungkap dari pengembangan kasus tersebut. Empat pelaku lain sebagai distributor, pemilik usaha pabrik miras, dan pekerja pabrik dicokok petugas.

"Satu TKP di Jurang Mangu, Tangerang Selatan dan di Cipondoh, Kota Tangerang. Usahanya sama sama membuat miras palsu jenis Vodka dan Mansion," ucapnya.

Lima tersangka tersebut yakni Rony Mulia Rajagukguk, 50, selaku penjual miras; Iwan, 38, distributor; Limanto, 35, pemilik pabrik; serta Kuswoyo, 35, dan Hermanto, 30, sebagai pengoplos.

Kandungan minuman keras palsu tersebut masih diperiksa laboratorium. Dari pemeriksaan awal, perbedaan antara asli dan palsu ini baru diketahui dari perbandingan harga antara keduanya.

"Kalau palsu ini mereka jual seharga Rp16 ribu, kalau yang aslinya Rp40 ribuan di pasaran," kata dia.

Menurut keterangan awal yang diperoleh, pabrik miras palsu yang sudah beroperasi sejak dua tahun. Usaha miras palsu ini meraup omzet Rp16 juta per hari.

"Seharinya mampu memperoduksi 3.200 botol miras palsu," ucapnya.

Pelaku dijerat Pasal 197 UU nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan atau pasal 136 UU 18 Tahun  2012 tentang Pangan dan Pasal 204 tentang Pangan dengan ancaman pidana penjara 20 tahun.


(SUR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA