Sembilan Klub Sepak Bola Siap Berlaga di LPI Jambi

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 05 Feb 2018 14:50 WIB
berita kemenaker
Sembilan Klub Sepak Bola Siap Berlaga di LPI Jambi
Liga Pekerja Indonesia zona Provinsi Jambi akan berlangsung pada 14-18 Februari 2018, di lapangan sepak bola Persijam Kota Jambi (Foto:Dok.Kemenaker)

Jambi: Sebanyak sembilan klub sepak bola siap berlaga dalam Liga Pekerja Indonesia (LPI) zona Provinsi Jambi. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada 14-18 Februari 2018, di lapangan sepak bola Persijam Kota Jambi, Kelurahan Wijayapura, Kecamatan Jambi Selatan.
 
Mereka tergabung dalam dua grup, yakni Grup A yang terdiri dari PT WKS, PT LPPI, PT Petro China, dan PT Trimitra Lestari. Sementara penghuni grup B meliputi PT Agung Autimall, PTPN VI, PT SAL, PDAM Tirta Batanghari, dan PLN Jambi.
 
"Penyelenggaraan LPI merupakan bagian upaya meningkatkan produktivitas pekerja dan perusahaan, serta sebagai sarana meningkatkan hubungan industrial yang harmonis dan kondusif. Selain itu, LPI dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan, dan sportivitas, khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepak bola," jelas Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsos) Kemenaker Hayani Rumondang, di Jambi, Minggu 4 Februari 2018.
 
Haiyani berharap LPI menjadi kegiatan yang bisa dicontoh oleh para pemangku kepentingan dalam merayakan May Day. Hal ini bertujuan agar peringatan May Day tidak hanya dimaknai dengan unjuk rasa dalam menyuarakan aspirasi pekerja/buruh, melainkan juga membuat suatu gerakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
 
"Penyelenggaraan LPI merupakan momentum tepat dalam menyambut May Day Tahun 2018 dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan bagi semua unsur baik SP/SB, pengusaha dan pemerintah sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh," imbuhnya.
 
LPI pun mendapatkan apresiasi dan respon positif dari Wagub Jambi Fachrori Umar. Menurutnya kompetisi ini bukan hanya berguna membangkitkan kebersamaan antar pekerja/buruh dan meningkatkan hubungan industrial, namun juga melahirkan atlet sepak bola di Jambi.
 
Untuk diketahui, babak penyisihan LPI akan berlangsung di 34 provinsi dan diikuti maksimal enam belas tim. Klub yang berhasil menjuarai penyisihan, akan berlaga di delapan zona regional.
 
Kemudian tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional, yang selanjutnya ke babak semi-final dan babak final di Jakarta. Partai Final sendiri akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.
 
Juara LPI akan mendapatkan piala bergilir presiden dan berhak membawa pulang uang pembinaan yang akan diberikan kepada Juara I Liga. Selain itu, pada pemenang ke I-IV akan diberikan penghargaan kepada pemain dengan kategori Top Scoter, Best Player dan Best Goalkeeper.
 
Pagelaran LPI diawali di Stadion Delta Sidoarjo (Jawa Timur) pada Minggu 17 Desember tahun lalu, dan dilanjutkan di Kepri, Sumut dan Bangka Belitung dengan melibatkan tim sepak bola dari unsur pekerja dan pengusaha dan diikuti 544 tim dari seluruh Indonesia.
 
Sementara, LPI di Jambi diselenggarakan atas prakarsa Kemnaker bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asosiasi Pengusaha (APINDO), Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di provinsi Jambi.


(ROS)