Kopi Luwak Bali Termahal di Indonesia

Antara    •    Jumat, 13 Oct 2017 21:01 WIB
kopi
Kopi Luwak Bali Termahal di Indonesia
Perajin memisahkan biji kopi dari kotoran hewan luwak (Paradoxurus hermaphroditus) untuk diolah menjadi minuman serbuk kopi luwak. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Metrotvnews.com, Bandung: Kopi termahal di Indonesia dihasilkan Pulau Bali. Harga Kopi Luwak Hutan Bercinta disebutkan mampu menembus Rp60 juta tiap kilogram.

"Di Bali ada Kopi Luwak Hutan Bercinta. Harga itu sekitar satu tahun lalu," kata Pembina Asosiasi Coffe Specialty Indonesia Setra Yuhana, di Bandung, Jumat 13 Oktober 2017.

Di sela-sela Pelatihan Kewirausahaan Kopi yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk 50 petani kopi, Setra mengatakan kopi luwak tersebut dihasilkan luwak yang sedang kawin.

"Jadi ada kopi luwak biasa yang dikandangkan, lalu kopi luwak hutan dan yang ketiga kopi luwak bercinta," kata dia. Saat sepasang luwak jantan dan betina kawin, akan mengeluarkan aroma wangi hingga radius 100 meter.

Ia menuturkan, jenis kopi ini diminati oleh kalangan terbatas. Sementara, kopi asal Indonesia untuk jenis tertentu sudah mulai diminati dan dijual dengan kisaran harga Rp 150-500 ribu per kilogram tergantung dari jenisnya.

Harga jual kopi Indonesia masih murah dibanding dengan produksi negara lain. Meski menduduki posisi ketiga sebagai produsen kopi terbesar dunia, namun Indonesia masih terbilang baru dalam dunia kopi.

"Dan bukan tidak mungkin semakin diminatinya kopi Indonesia maka harga jual akan semakin tinggi," kata dia.

Jawa Barat sendiri terkenal dengan jenis Java Preanger. Produksi negeri Pasundan ini memiliki peluang menjadi juara dunia karena faktor alam yang dimiliknya.


(SUR)