Calon Perseorangan Harus Kantongi 7,5 Persen Dukungan

Antara, Fauzan Hilal    •    Senin, 11 Sep 2017 08:04 WIB
pilkada serentak
Calon Perseorangan Harus Kantongi 7,5 Persen Dukungan
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga yang ingin maju di Pilkada Kota Malang melalui jalur perserorangan harus memiliki dukungan minimal 45.884 orang. Dukungan tersebut juga harus tersebar di 50 persen wilayah setempat.
 
"Kalau di Kota Malang hanya ada lima kecamatan, paling tidak dukungan itu menyebar di tiga kecamatan," kata Ketua KPU Kota Malang, Zainuddin dikutip dari Antara, Senin 11 Septermber 2017.
 
Dia mengungkapkan, jumlah dukungan minimal 45.884 orang itu merupakan 7,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang mencapai 611.246 pemilih.

Baca: Dua Cagub bakal Maju Pilkada Jateng 2018 Melalui Jalur Independen

DPT Pilpres tesrebut menjadi acuan untuk menentukan perhitungan minimum syarat dukungan bagi calon perseorangan dalam Pilkada 2018.
 
Ia menerangkan sesuai aturan, wilayah yang jumlah penduduknya di atas 500 ribu jiwa, jumlah minimum dukungan bagi calon perseorangan adalah 7,5 persen. "Penyerahan persyaratan dukungan bagi calon perseorangan ini pada 25-29 November 2017," ujarnya.
 
KPU akan melakukan verifikasi, termasuk sebaran dukungan di tiga dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang. "Dukungan ini tidak bisa hanya di satu atau dua kecamatan saja, meski jumlahnya sudah mencapai ketentuan, tetapi harus merata minimal di tiga kecamatan dengan dukungan 2,5 persen di masing-amsing kecamatan," ucapnya.
 
Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Malang, Deny Rachmad Bachtiar, menerangkan, jumlah dukungan dari calon perseorangan (independen) juga bisa diperoleh dari Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). "KPU akan elakukan verifikasi lagi," ujarnya.
 
Untuk menentukan akurasi sekaligus memastikan dukungan yang diserahkan calon perseorangan, kata Deny, KPU akan mendatangi setiap orang yang terdaftar dalam daftar dukungan calon perseorangan bersangkutan.

Baca: Kemendagri Optimis Penyelesaian Anggaran Pilkada Tepat Waktu

"Kami harus cek nama dan alamat secara detail dan langsung kepada yang bersangkutan (nama yang terdaftar dalam daftar dukungan), bukan hanya KTP-nya saja ang kami cek," katanya.
 
Terkait pemilih pemula yang hanya mengantongi surat keterangan penduduk dari Disdukcapil, Deny menegaskan, mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Namun DP4 akan diberikan langsung oleh KPU Pusat.
 
Mekanismenya, dari Dispendukcapil Kota Malang, diberikan ke Kemendagri, selanjutnya KPU Pusat
dan ke KPU Daerah. "Mekanisme sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau dulu kan
bisa langsung dari Dispendukcapil setempat, tapi sekarang berjenjang dari pusat hingga daerah," Deny.




(FZN)

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

KPK Optimis Menang di Praperadilan Setya Novanto

2 hours Ago

KPK optimis memenangkan gugatan praperadilan tersangka korupsi ktp-el Setya Novanto. KPK akan m…

BERITA LAINNYA