MTQ XIV Tingkat Provinsi Banten Resmi Dibuka

Batur Parisi    •    Selasa, 18 Apr 2017 11:27 WIB
mtq
MTQ XIV Tingkat Provinsi Banten Resmi Dibuka
Pembukaan MTQ ke-XIV tingkat Provinsi Banten tahun 2017

Metrotvnews.com, Anyer: Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XIV tingkat Provinsi Banten tahun 2017 di Kabupaten Serang resmi dibuka. Pembukaan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan, di halaman parkir utama Marbella Hotel Anyer, Senin malam, 17 April 2017.
 
Pembukaan MTQ ditandai pemukulan beduk oleh Pj Gubernur Banten, Nata Irawan didampingi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Ketua Harian LPTQ Banten Sibly Sarjaya dan tamu kehormatan dari Kedutaan Besar (Dubes) Saudi Arabia untuk Indonesia  Syekh Saad Husein An Namaasy. Bahkan pada kesempatan ini Kedubes Saudi Arabia memberikan voucher umroh gratis bagi tiga orang juara MTQ.
 
Dalam sambutaanya, Nata mengatakan, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya dimaknai sebagai ajang kompetensi dalam hal seni baca, tulis dan pemahaman Al-Quran, namun sesungguhnya merupakan syiar silaturahmi dan salah satu wahana untuk memacu diri agar lebih mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Semoga ajang MTQ ini dapat melahirkan qori-qoriah, hafidz-hafidzah yang akan membawa nama harum Provinsi Banten ditingkat nasional maupun international. Dan alhamdullilah pada MTQ nasional di NTB pada tahun lalu Banten sukses menjadi juara umum,” kata Nata.
 
Dengan demikian, lanjut Nata, prestasi ini merupakan tantangan yang berat untuk mempertahankan juara bahkan berjuang kembali diajang STQ Nasional ke- XXIV tahun 2017 ini di Provinsi Kalimantan Utara. 
 
“Tentu suksesnya kita (Provinsi Banten) meraih prestasi tergantung kepada pola rekrutmen, pembinaan dan kerjasama yang baik antar pengurus LPTQ tingkat kabupaten dan kota maupun provinsi,” tegasnya.
 
“Tentu yang terlebih penting adalah kegiatan MTQ ini harus mengentaskan buta aksara Al-Quran, memperdalam kajian-kajian lain, serta pemahaman yang benar terhadap baca tulis AL-Quran dimasyarakat,” sambung Nata.
 
Sekda Banten yang juga Ketua LPTQ Banten Ranta Soeharta menyebutkan, pelaksanaan MTQ ke-XIV tingkat Provinsi Banten tahun 2017 melibatkan 446 peserta dan 172 Dewan Hakim serta puluhan official dan pendamping.
 
"Dewan hakim ini telah menjalani pelatihan dan telah lulus uji kompetensi dan sertifikat dewan hakim,” kata Sekda Ranta.
 
Pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepad seluruh element masyarakat dan jajaran kepanitiaan MTQ yang telah bekerja keras melakukan koordinasi dan bersinergi sehingga terselenggaranya acara MTQ.
 
“Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepada semua pihak yang mendukung dan bekerja sama selama ini, terumata kepada Pemkab Serang selaku tuan rumah yang telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menjadi tuan rumah yang baik,” ucap Sekda.
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, pemilihan lokasi kegiatan MTQ di Kecamatan Anyer dan Cinangka dikarenakan fasilitas dan sarana prasarana yang cukup tersedia terutama fasilitas hotel dan dua kawasan ini merupakan tempat wisata unggulan di Kabupaten Serang.
 
"Pemilihan lokasi di Anyer dan Cinangka ini karena segala fasilitasnya cukup tersedia, dan ini daerah wisata unggulan, karena ada hotel bintang 5 sampai hotel melati. Untuk kuliner dan sarana penunjang lainnya juga bisa tersedia,” ungkap Tatu.
 
“Disela-sela lomba MTQ ini saya berharap kafilah bisa menikmati keindahan pantai Anyer dan Cinangka. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Banten yang telah memperikan kepercayaan kepada Kabupaten Serang menjadi tuan rumah. Mudah-mudahan MTQ ini bisa menghasilkan qori-qoriah yang bisa mewakili Banten ditingkat nasional dan international,” sambung Bupati.
 
Pembukaan MTQ ke-XIV tingkat Provinsi Banten tahun 2017 berlangsung meriah dan diawali dengan defile kafilah dari delapan Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten serta tarian kolosal dengan judul Rame Ing Megawe yang dibawakan oleh puluhan penari dari sanggar seni Wanda Banten.
 
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan trofi juara umum dari Kota Tangerang Selatan selaku juara umum MTQ tahun 2016 lalu oleh Walikota Airin Rachmi Diani kepada Pemprov Banten.


(ALB)