ASEAN Ultah, Kemenpar RI Undang Jurnalis dari Negara Tetangga

Silvester Elvis Yunani    •    Kamis, 20 Apr 2017 19:14 WIB
wisata
ASEAN Ultah, Kemenpar RI Undang Jurnalis dari Negara Tetangga
Sejumlah jurnalis dari negara-negara anggota ASEAN mengikuti kegiatan di Labuan Bajo, MTVN - Silvester

Metrotvnews.com, Labuan Bajo: Perhimpunan Negara-Negara se-Asia Tenggara atau ASEAN merayakan ulang tahun ke-50. Untuk memeriahkan acara, 50 jurnalis dari negara anggota ASEAN menggelar kegiatan di Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Berbagai agenda digelar dan bertajuk Famtrip.

Para jurnalis tersebut di antaranya Floyd Cowan dari Asian Journeys Singapura, Zuan Arifin Ham dari My Coriander Kitchen Malaysia, Nguyen Thu Trang dari Vn Travel live dr Vietnam, serta beberapa blogger dari negara anggota Asean.

Asisten Deputi Manca Negara Kementrian Pariwisata  Vicky Apriansyah mengatakan, kegiatan Famtrip ini digelar Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai bentuk merayakan hari jadi ASEAN yang ke 50.

"Famtrip ini kita gelar untuk merayakan hari jadi ASEAN yang ke 50, para jurnalis dan media yang kita undang ini juga berasal dari negara anggota ASEAN",kata Apriansyah, Kamis 20 April 2017.

Melalui famtrip ini, kata dia, harapannya objek-objek wisata potensial di Indonesia khususnya Taman Nasional Komodo bisa di promosikan kepada negara-negara anggota ASEAN.

"Dari Famtrip ini, kita berharap promosi pariwisata kita kepada negara-negara luar khsususnya negara Anggota Asean dapat meningkat sehingga",jelasnya.

Sementara itu, Chief Editor Asian Journeys Floyd Cowan, saat sharing bersama awak media lokal di Labuan Bajo menjelaskan, manajemen promosi pariwisata khusunya Taman Nasional Komodo harus ditingkatkan.

"Metode promosi pariwisata harus ditingkatkan, Keindahan Alam Taman Nasional Komodo harus dikenal oleh masyarakat dunia",kata Floyd.

Selain itu, Floyd juga berharap, rencana Pemerintah Indonesia untuk membuka jalur penerbangan lansung Singapura -Labuan Bajo segera terealisasi.

"Rencana pembukaan jalur penerbangan lansung singapura-Labuan Bajo akan sangat bagus untuk meningkatkan jumlah kunjungan turis dari singapura kesini. Warga singapura akan sangat mengaperesiasi rencana ini",ujarnya.

Selama di Manggarai Barat, peserta Famtrip ini berkunjung ke beberapa pulau di Taman Nasional dan melakukan Snorkeling serta treking.

ASEAN resmi berdiri pada 8 Agustus 1967. Organisasi ini mewujudkan kerja sama antarnegara di kawasan Asia Tenggara mulai dari ekonomi, keamanan, sosial budaya, hingga hukum. Bangladesh, Papua Nugini, Taiwan, dan Timor Leste.


(RRN)