Mendagri Jamin Masalah KTP-el Rampung Sebelum Pilkada 2018

Andi Aan Pranata    •    Senin, 20 Mar 2017 15:13 WIB
e-ktp
Mendagri Jamin Masalah KTP-el Rampung Sebelum Pilkada 2018
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo -- MTVN/Andi Aan Pranata

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimistis, permasalahan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) selesai sebelum pemilihan kepala daerah 2018. Tahapan Pilkada 2018 akan dimulai Agustus 2017.

Tjahjo mengatakan, penyediaan blanko KTP-el untuk seluruh Indonesia ditargetkan paling lambat pada Juni. Saat ini, proyek KTP-el masih dalam proses lelang tender blanko.

"Kalau April sudah teken kontrak, tahun ini bisa selesai," kata Tjahjo saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Senin, 20 Maret 2017.

(Baca: Mendagri Optimistis Kontrak Blangko KTP-el April 2017)

Tjahjo mengakui, dirinya dipusingkan masalah KTP-el selama satu setengah tahun terakhir. Persoalan hukum terkait tender, membuat pencetakan blanko KTP-el terhambat.

Namun, lanjut Tjahjo, di sisi lain proyek KTP-el dianggap sudah berjalan baik. "Pencapaian target selama 2,5 tahun pemerintahan pak Joko Widodo, progresnya jelas. Sudah 96,54 persen yang merekam data KTP-el," ujarnya.

Menurut Tjahjo, sejauh ini ada 4 juta warga yang masuk daftar tunggu blanko KTP-el. Mereka sebelumnya telah merekam data kependudukan melalui kantor-kantor dinas kependudukan dan catatan sipil di berbagai daerah. Sementara, ada 3,2 juta warga yang belum terekam dalam sistem baru.

(Baca: Tjahjo Akui Kesalahan soal KTP-el)

Ke depan, lanjut Tjahjo, Kementerian akan mencetak 3-4 juta blanko KTP-el per tahun. Hal itu sesuai dengan tren pertambahan penduduk wajib KTP sebanyak 3 juta orang per tahun.

"Untuk yang menunggu blanko, kita akan mengecek kembali. Apakah datanya masih ada yang ganda atau tidak. Yang jelas semua selesai sebelum pilkada," kata Tjahjo.


(NIN)

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

KPK Tegaskan Penuhi Aspek Hukum dan Medis dalam Penanganan Novanto

18 minutes Ago

KPK menegaskan sudah bertindak sesuai prosedur terhadap Setya Novanto. 

BERITA LAINNYA