Bhabinkamtibmas dan Warga Patroli Antisipasi Karhutla

Mulyadi Pontororing    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:34 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Bhabinkamtibmas dan Warga Patroli Antisipasi Karhutla
Bhabinkamtibmas Polsek Ranowulu Bripka Ruslim Kalele bersama petugas Dinas Kehutanan Kota Bitung dan warga saat melakukan patroli -- MTVN/Mulyadi Pontororing

Metrotvnews.com, Manado: Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Ranowulu menggelar patroli bersama masyarakat dan petugas dari Dinas Kehutanan Kota Bitung untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Patroli dilakukan di sempajang pantai di wilayah Kelurahan Batu Putih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Sulawesi Utara.

"Kami mengajak warga untuk turut serta menjaga dan melestarikan hutan dan pantai," kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Batu Putih Bawah Bripka Ruslim Kalale, Kamis 10 Agustus 2017.

Ruslim menjelaskan, patroli dilakukan menggunakan speedboat. Saat patroli, petugas gabungan juga menemui warga setempat untuk mensosialisasikan tentang kelestarian lingkungan.

Menurut Ruslim, sejauh ini tidak ditemukan adanya karhutla atau penebangan liar di wilayahnya. Meski begitu, dia tetap meminta kerja sama warga untuk menjaga lingkungan masing-masing dari ancaman kerusakan.

"Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga lingkungan? Untuk itu, marilah sama-sama terlibat menjaga lingkungan dan utamanya segera laporkan jika mendapati adanya onum-oknum yang sengaja merusak lingkungan," tandasnya.


(NIN)