Sulut Diprediksi Hujan hingga Juni

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 04 Jan 2019 20:15 WIB
musim hujan
Sulut Diprediksi Hujan hingga Juni
Ilustrasi hujan, Medcom.id - M Rizal

Manado: Stasiun Klimatologi Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), memperkirakan sejumlah wilayah Sulut akan diguyur hujan dengan intensitas menengah hingga tinggi. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Minahasa Utara Asep Hendrawan menyebutkan prediksi iklim secara keseluruhan pada Februari hingga Juni 2019 di Sulut akan terjadi curah hujan menengah hingga tinggi.

"Untuk curah hujan yang cukup tinggi tersebut diperkirkan akan terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Utara," kata Asep, Jumat, 4 Januari 2019 di Minahasa Utara.

Menurutnya, curah hujan yang cukup tinggi di kedua wilayah itu akan terjadi pada Februari hingga Maret 2019. Sehingga dia menyarankan agar pemerintah maupun warga di wilayah itu, mulai mengantisipasi potensi-potensi bencana. Apalagi kedua wilayah itu kerap dilanda banjir kala musim hujan tiba.

Meski sejumlah wilayah diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Asep menyebutkan curah hujan secara keseluruhan di Sulut terpantau melemah.

"Hal ini seiring dengan dinamika ENSO (El Nino-Southern Oscillation) yang melemah. Dalam bahasa awamnya, uap air yang ada di Indonesia, tersedot ke wilayah Pasific yang kondisinya lebih hangat. Sehingga proses terbentuknya awan hujan lebih sedikit di wilayah Indonesia yang mempengaruhi curah hujan," jelasnya.

Asep juga meminta masyarakat tetap waspada dengan potensi curah hujan pada Januari 2019. Sebab sesuai prediksi, puncak curah hujan tinggi akan berlangsung sepanjang Januari ini.

Di sisi lain, Asep juga meminta masyarakat di wilayah perbatasan mewaspadai potensi angin kencang dan puting beliung. Fenomena itu terjadi lantaran adanya penurunan suhu udara di selatan Filipina.

"Sehingga wilayah seperti Talaud dan Sangihe langsung terdampak karena di sana merupakan wilayah terdekat dengan Filipina," ujarnya 


(RRN)