Pemprov Sulsel Gagas Konsep Wisata Halal di Toraja

Muhammad Syawaluddin    •    Senin, 25 Feb 2019 19:17 WIB
pemerintah daerahwisata religi
Pemprov Sulsel Gagas Konsep Wisata Halal di Toraja
Ilustrasi/Medcom.id.

Makassar: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggagas konsep perwujudan sekaligus pengembangan wisata halal di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di dua daerah tersebut. 

"Yang berkunjung ke Toraja kan kebanyakan dari kalangan umat muslim. Jadi, Toraja perlu untuk membuat hal itu (wisata halal)," kata, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, usai menghadiri dialog Syariah Economic Forum Pariwisata Halal di Sulsel Berpotensi Dikembangkan atau Sekadar Wacana, di Makassar, Senin 25 Februari 2019.

Kedua kabupaten tersebut saat ini merupakan pusat atau ikon pariwisata di Sulsel. Keindahan alam dan budaya di dua kabupaten tersebut menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun internasional. 

Meski penduduk di kabupaten itu didominasi oleh umat non muslim namun wisatawan yang datang di kota asal Tedong Bonga (kerbau belang) tersebut dikunjungi oleh beragam suku dan agama. Salah satunya adalah umat muslim. 

"Karenanya, harus ada lokasi yang bisa memfasilitasi untuk wisatawan mendapatkan kuliner halal," jelasnya. 

Sehingga, kata Sudirman, kebutuhan para wisatawan yang ada atau berkunjung ke Tana Toraja dan Toraja Utara bisa terpenuhi sesuai dengan kepercayaan mereka. 

Konsep wisata halal tersebut diadopsi dari pengembangan wisata di negara-negara maju di kawasan Asia seperti Selandia Baru, Jepang, Tiongkok, Thailand, Hongkong. 

"Negara non muslim saja memiliki kawasan wisata halal atau wisata kuliner halal, kenapa kita tidak bisa lakukan itu. Harapan kita pariwisata halal di Sulsel ini bisa terealisasi, dan bukan hanya sekedar wacana saja," jelasnya. 

"Agenda penerapaan itu terlebih dulu akan di masukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," jelasnya.


(ALB)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA