Bangun Graha Pemilu, Mambremo Tengah Raih Muri

   •    Kamis, 10 Aug 2017 11:21 WIB
pemilurekor muri
Bangun Graha Pemilu, Mambremo Tengah Raih Muri
Ilustrasi Media Indonesia

Metrotvnews.com, Papua: Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, Ricky Ham Pagawak-Yonas Kenelak mendapatkan penghargaan dari Rekor MURI karena pemerintah daerah yang pertama membangun Graha Pemilu di Indonesia. Penyerahan anugerah penghargaan Rekor MURI langsung diserahkan oleh pendiri MURI Jaya Suprana di Jakarta, Kemarin 9 Agustus 2017.

Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak mengatakan, Graha Pemilu adalah sebuah bangunan terintegrasi bagi penyelenggara Pemilu di daerah. Graha terdiri dari bangunan lengkap bagi KPUD dan Panwaslu serta sejumlah fasilitas penunjang di dalamnya termasuk rumah staf.

"Selama ini hampir di seluruh daerah Indonesia belum ada daerah yang memiliki fasilitas tersebut, karena lazimnya baik kantor KPUD maupun kantor Panwaslu menumpang di fasilitas Pemda ataupun sewa dan kontrak ruko," kata Ricky.

Padahal sambung Ricky, kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu hampir tidak berhenti lima tahun sekali saja. Namun terus menerus dalam kurun waktu lima tahun.

"Sehingga membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai dan layak, tidak bersifat insidentil apalagi darurat," ujarnya.

Dia mengatakan, konsep Graha Pemilu ini sudah menjadi wacana di KPU RI dan Bawaslu bahkan sudah ada master plan dan desain model bangunannya yang nantinya terstandar di seluruh Indonesia.

Namun menurut Ricky, hingga kini baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten lainnya di Indonesia belum ada yang mewujudkan agenda tersebut sehingga baru Kabupaten Mamberamo Tengah.

"Graha Pemilu Mamberamo Tengah sudah diresmikan langsung oleh Ketua KPU Juri Ardianto dan Ketua Bawaslu RI Muhammad pada 27 Maret 2017 lalu di Kobakma, Ibukota Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua," katanya.

Dalam kesempatan itu Jaya Suprana menilai apa yang dilakukan Pemda Mamberamo Tengah itu sebagai bentuk keteladanan dari putra daerah.

Dia mengaku kagum dengan apa yang digagas oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua dan harus menjadi teladan dan pelopor kepala daerah di seluruh Indonesia. (Antara)


(ALB)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA