Hari Ini, Pemkab Mimika Meresmikan Sejumlah Fasilitas Perhubungan

Antara    •    Kamis, 18 May 2017 09:40 WIB
perhubungan
Hari Ini, Pemkab Mimika Meresmikan Sejumlah Fasilitas Perhubungan
Warga memperhatikan kapal barang yang akan bersandar di Pelabuhan Pomako, Timika, Papua -- ANT/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Timika: Pemerintah Kabupaten Mimika meresmikan sejumlah fasilitas perhubungan, komunikasi, dan informatika yang dibangun tahun anggaran 2015 dan 2016. Fasilitas perhubungan mencakup sarana dan prasarana di Pelabuhan Penyeberangan Pomako dan Kokonao serta pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan Kokonao.

"KMP Kokonao adalah kapal jenis roro bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk melayani transportasi masyarakat di wilayah pesisir selatan Papua. Rute yang akan dilayari KMP Kokonao, yaitu Pomako-Kokonao (ibu kota Distrik Mimika Barat) pulang pergi, Pomako-Agats (ibu kota Kabupaten Asmat), Agats-Atsi (PP), Agats-Pomako," kata Kepala Dishubkominfo Mimika John Rettob di Timika, Papua, Kamis 18 Mei 2017.

Rencananya, sejumlah fasilitas perhubungan itu diresmikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng nanti siang di Pelabuhan Rakyat Pomako, Distrik Mimika Timur. Bersamaan dengan itu, Pemkab Mimika juga akan meresmikan pengoperasian alur pelayaran sungai, yaitu Kali Ipa dan Kali Keakwa sebagai jalur penghubung Paumako ke arah Mimika Barat hingga Mimika Barat Jauh.

Selain itu, akan diresmikan gedung Kantor Unit Penyelenggata Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Rakyat Paumako.

Bidang perhubungan darat, Pemkab Mimika akan meresmikan pengoperasian trayek perintis angkutan pedesaan yaitu rute Timika-SP4, Timika-Iwaka dan Timika-Kali Kamoro di Jalan Trans Paniai.

Sementara, di bidang komunikasi dan informatika, Pemkab Mimika akan meresmikan fasilitas Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel di Atuka ibu kota Distrik Mimika Tengah. Fasilitas BTS Telkomsel Atuka telah berfungsi sejak akhir 2016 untuk membantu mempermudah komunikasi warga di wilayah pesisir Mimika.

Jangkauan BTS Telkomsel Atuka itu bisa dinikmati warga hingga di wilayah Timika Pantai, Keakwa, Kokonao, Ipaya hingga Amar di wilayah Mimika Barat.


(NIN)