Kemenkumham Bangun Permukiman Pemasyarakatan di Ciangir

Farhan Dwitama    •    Rabu, 11 Oct 2017 09:46 WIB
kemenkumham
Kemenkumham Bangun Permukiman Pemasyarakatan di Ciangir
Kompleks permukiman pemasyarakatan di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Tangerang, Banten -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bakal membangun kompleks permukiman pemasyarakatan di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Tangerang, Banten. Tanah seluas 30 hektare disiapkan untuk pembangunan permukiman permasyarakatan tersebut.

"Kami bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk lahan yang akan dimanfaatkan ini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Ade Kusmanto di Ciangir, Rabu 11 Oktober 2017.

Ade menjelaskan, kawasan tersebut nantinya dijadikan area permukiman pemasyarakatan. "Jadi, bukan lapas (lembaga pemasyarakatan)," lanjutnya.

Menurut Ade, permukiman pemasyarakatan bakal berisi bangunan dengan fungsi perkantoran dan hunian bagi warga binaan dengan masa hukuman yang sudah hampir selesai. Hal tersebut untuk mengurangi kepadatan warga binaan di lapas di bawah naungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

"Warga binaan yang menempati permukiman pemasyarakatan adalah mereka yang sudah masuk pada tahap asimilasi atau menjelang masa bebas, supaya bisa siap kembali terjun dan bermanfaat di tengah masyarakat," terangnya.

Berdasarkan desain permukiman pemasyarakatan yang diperlihatkan Ade, tampak kawasan yang akan dibangun serupa dengan kompleks perumahan pada umumnya. Permukiman pemasyarakatan di Ciangir diperkirakan bisa menampung 5.000 orang.


(NIN)