Kawat Besi pada Jembatan Kuning Klungkung Berkarat

Arnoldus Dhae    •    Senin, 17 Oct 2016 15:36 WIB
jembatan runtuh
Kawat Besi pada Jembatan Kuning Klungkung Berkarat
Jembatan Kuning (sebelum ambruk) membentang dari Nusa Lembongan menuju Nusa Ceningan, dok: Reuters

Metrotvnews.com, Denpasar: Kawat pada Jembatan Kuning, Klungkung, Bali, dalam kondisi keropos. Dugaan sementara menyebutkan hal itu yang menjadi penyebab Jembatan Kuning runtuh pada Minggu sore 16 Agustus.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol AA Made Sudana mengatakan kawat besi itu berkarat. Sebab, kawat bersentuhan langsung dengan air laut.

"Nah, apakah kondisi itu dicek? Lalu, kenapa masih membiarkan warga melintasi jembatan itu," tanya Sudana di Denpasar, Bali, Senin (17/10/2016).

Sudana mengatakan, bila peristiwa jembatan runtuh memakan korban itu akibat kelalaian, maka hasil penyelidikan bisa saja mengarah pada penetapan tersangka. 

Polda, kata Sudana, menurunkan tim untuk membantu proses penyelidikan Jembatan Kuning ambruk yang menewaskan delapan warga itu. Materi penyelidikan masih seputar usia jembatan dan pengecekan rutin pada infrastruktur tersebut.

Sementara itu, Polres Klungkung terus menyelidiki penyebab jembatan yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan itu. Jembatan tersebut ambruk kemarin sore. 

 Polres Klungkung, Bali, menyelidiki penyebab Jembatan Kuning ambruk. Polda Bali pun menurunkan tim Inafis untuk membantu proses penyelidikan.

Kapolres Klungkung AKBP FX Arendra Wahyudi belum dapat memperkirakan penyebab jembatan ambruk. Ia meminta warga tetap bersabar menunggu proses penyelidikan.

"Nanti akan kami sampaikan secara transparan," kata Kapolres.

Baca: Di Usia 21 Tahun, Jembatan Cinta di Bali Menelan Korban


(RRN)