Jalan Trans Antarkabupaten di Sulut Ambles

Mulyadi Pontororing    •    Senin, 21 Jan 2019 15:39 WIB
jalan rusak
Jalan Trans Antarkabupaten di Sulut Ambles
Ruas jalan trans antarprovinsi di Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Sulawesi Utara yang amblas akibat pergerakan tanah.

Manado: Jalan trans provinsi tepatnya di Desa Lanut, Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara ambles. Peristiwa amblesnya jalan terjadi pada Minggu, 20 Januari 2019. Jalan yang ambles tersebut merupakan akses untuk tiga kabupaten/kota.

"Yakni Kabupaten Minahasa Tinggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu," kata Kepala Tim Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sulut Cabang Bolaang Mongondow, Lucky Sugeha, Senin, 21 Januari 2019.



Menurutnya, kasus jalan ambles ini menjadi perhatian serius Pemprov Sulut. Untuk itu, pihaknya langsung  mengecek dan memeriksa kondisi lapangan.

“Ruas jalan yang ambles telah diukur termasuk kedalamannya untuk tindak lanjut perbaikan. Namun kami masih tetap akan menunggu rekomendasi dari pemerintah daerah Bolaang Mongondow Timur  untuk tindak lanjutnya," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow Timur jalan yang ambles panjangnya kurang lebih 15 meter dengan lebar empat meter.

"Ruas jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat hingga saat ini dan masih menggunakan jalan alternatif," kata Kabid Rehabiltasi dan Rekontruksi BPBD Bolaang Mongondow Timur, Yanto Modeong.

BPBD, lanjut dia, telah memasang rambu-rambu peringatan terkait dengan amblesnya bagian jalan tersebut. Meski belum ada laporan kerusakan yang berdampak terhadap kerusakan lainnya, namun, amblesnya jalan itu berisiko bisa pada rumah penduduk di sekitar lokasi.

"Sehingga warga juga diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya pergerakan tanah susulan. Jika masih terjadi pergerakan tanah diminta segera menggungsi ke rumah tetangga yang lebih aman,” katanya.


(ALB)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA