Gempa dan Tsunami di Palu

Salat Jumat Pertama Setelah Gempa di Palu

Surya Perkasa    •    Jumat, 05 Oct 2018 12:27 WIB
Gempa Donggala
Salat Jumat Pertama Setelah Gempa di Palu
Suasana di depan Masjid Raya Baiturrahim Kota Palu di hari pertama Salat Jumat setelah gempa dan tsunami mengguncang, Jumat, 5 Oktober 2018, Medcom.id - Surya Perkasa

Palu: Suara orang mengaji berkumandang dari pengeras suara Masjid Raya Baiturrahim Lolu Palu, Sulawesi Tengah. Langkah kaki terdengar di sekitar lokasi berbelok masuk gerbang.

Beberapa tenda dari terpal berdiri di pelataran masjid. Sejumlah mobil terparkir sejak pagi. Satu-dua motor berdatangan.

Masjid perlahan terisi. Pria berbaju relawan kesehatan ikut menjadi makmum di beberapa sudut. Wajar, di seberang masjid ada posko utama kluster kesehatan untuk penanganan gempa Sulawesi Tengah.

Pengeras suara sempat terhenti. Tapi tidak dengan suara orang mengaji. Lantunan ayat suci kembali terdengar beberapa menit kemudian.

Pukul 11.58 Wita, Jumat, 5 Oktober 2018, azan berkumandang. Bangunan masjid yang sebagian ubin dinding dan plafonnya rontok, terisi setengahnya.


(Suasana menjelang salat Jumat di Masjid Baiturrahim Kota Palu, Jumat, 5 Oktober 2018, Medcom.id - Surya Perkasa)

Katib berpakaian serba putih berdiri dan menyampaikan khotbah. Dia mengangkat topik hari akhir dan kematian.

"Kita harus bersyukur karena kita diberi nikmat keselamatan dan kesehatan. Akhirnya kita bisa bertemu untuk melaksanakan ibadah wajib saat ini," kata khatib.

Khatib mengajak warga Palu untuk terus bertakwa dalam setiap tahap kehidupan. Termasuk untuk terus berpegang ke agama dalam suka ataupun duka.

Salat dimulai sekitar 12.20 Wita dan dikuti sekitar seribu muslim pria. Saf salat bahkan meluber hingga ke luar gedung masjid.

Salat kemudian ditutup pembacaan ayat kursi, zikir dan doa bersama. Warga pulang setelah saling bersalaman.

"Alhamdulillah. Bangunan masjid tiangnya tidak rusak. Cuma lampu dan tempelan di dinding jatuh saat gempa," kata Fattah, salah satu warga Palu yang kerap salat di Baiturrahim.



(RRN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA