Mentan Amran Didik Anak Mandiri Sejak Kecil

M Rodhi Aulia    •    Senin, 17 Oct 2016 06:09 WIB
pendidikan anak
Mentan Amran Didik Anak Mandiri Sejak Kecil
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mendidik anaknya hidup mandiri sejak dini. Amran menyekolahkan anaknya di salah satu pondok pesantren modern.

"Anak saya masuk pesantren. Terpaksa dan dipaksa," kata Amran berkisah dalam orasinya di Universitas Islam Makassar, seperti diberitakan Senin (17/10/2016).

Anak pertamanya tidak langsung menerima permintaan Amran. Anaknya protes tidak bisa menikmati hidup layaknya anak yang lain.

Pasalnya, Amran adalah orang tua yang berkecukupan. Anaknya menginginkan dapat menikmati status terlahir dalam keluarga kaya.

Amran terus membujuk anaknya agar tetap mau bersekolah di pesantren. Namun, anaknya tetap bersikeras dan menolak.

"Akhirnya, aku bilang, aku mau melepaskan kewajiban saya (sebagai orang tua). Kamu nikah. Padahal masih SMP. Nikah atau tetap tinggal di pesantren," ujar Amran.

Amran menjanjikan memberi SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) sebagai modal menikah. Amran pun menelepon istrinya untuk mempersiapkan pernikahan.

"Bu, siapkan pernikahan. Yang dilamar, terserah. Siapa saja. Tua, muda, atau janda, terserah. Yang penting dia sudah menikah dan dan aku enggak ada urusan lagi. Ibunya juga menangis," ungkap Amran.

Sebagai jalan tengah, akhirnya sang anak meminta Arman mencarikan kerabat untuk ikut bersekolah di pesantren. Tiga orang bersedia.

"Dia kira seperti di kampus ini, bisa bebas. Begitu masuk, tiga minggu, keluar satu. Bulan kedua, kabur dua. Tiga bulan, semuanya kabur. Alhamdulillah, anak saya bertahan sampai sekarang. Sudah bagus dan mulai bisa ceramah," beber Amran.


(HUS)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA