Tiga Masalah Utama Jawa Barat Menurut Ridwan Kamil

Damar Iradat    •    Senin, 20 Mar 2017 03:22 WIB
pilkada jabar
Tiga Masalah Utama Jawa Barat Menurut Ridwan Kamil
Ridwan Kamil memberikan pidato saat dirinya diusung Partai NasDem untuk Jabar satu. MTVN

Metrotvnews.com, Bandung: Ridwan Kamil telah mempersiapkan segala hal untuk memimpin Jawa Barat. Wali Kota Bandung ini pun sudah menganalisa berbagai persoalan di Jawa Barat.

Menurut dirinya, permasalahan utama di Jawa Barat masih terkait ekonomi. Hal ini terbukti dari berbagai hasil survei.

"Dari survei, menurut warga Jawa Barat, ternyata (masalah) tiga teratas adalah ekonomi. Satu infrastruktur, dua daya beli, tiga lapangan pekerjaan," kata dia dalam program Prime Time News di Metro TV, Minggu 19 Maret 2017.

Jika nanti dirinya mendapat kesempatan memimpin Jawa Barat, ia bakal fokus memberi perlindungan pada ekonomi kerakyatan, hal yang sudah ia lakukan di Bandung. Ia juga bakal mengundang investasi untuk menggerakan pertumbuhan.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mencontohkan, salah satu investasi yakni, jika infrastruktur kurang atau lemah, ada public private partnership. Jadi, pembangunan tidak melulu menggunakan anggaraan pendapatan dan belanja negara (APBD).

"Kita mengundang pihak luar untuk membangun, kita bayar 15-20 tahun, tapi perubahan datang cepat," tutur Emil.

Ia juga memaparkan, salah satu program di Bandung yakni kredit tanpa agunan untuk melawan rentenir. Emil mengklaim, program ini membuat 2.000 warga Bandung bebas dari jeratan rentenir dalam satu tahun terakhir.

Program ini, kata Emil, akan diduplikasi, jika dirinya memimpin Tanah Sunda. Ia akan memberikan kredit tanpa agunan kepada warga, nelayan, petani miskin dengan skema yang sama.

"Saya bisa duplikasikan dengan kredit tanpa agunan ke warga-warga, nelayan, petani miskin dengan skema yang sama. izin-izin saya hilangkan di Bandung, pemasaran saya bantu dengan kreatif dan seterusnya. Ini yang fundamental," papar mantan dosen Institut Teknologi Bandung ini.

Kendati demikian, ia menyadari ada persoalan selain ekonomi di Jawa Barat, antara lain masalah intoleransi, bencana alam, dan terorisme. Untuk masalah ini, Emil mengaku bakal mengupayakan dengan lintas wilayah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

"Karena gubernur itu akumulasi dari prestasi bupati dan walikota. Dia ada kayak menko, mengkoordinasi. jadi, peran itu yang harus mungkin saya tonjolkan supaya jadi standarisasi," pungkas Emil.



(SCI)