Dermaga VI Pelabuhan Merak Khusus Untuk Sepeda Motor

Batur Parisi    •    Senin, 19 Jun 2017 19:58 WIB
mudik lebaran 2017
Dermaga VI Pelabuhan Merak Khusus Untuk Sepeda Motor
Dermaga VI Pelabuhan Merak, Banten. Metrotvnews.com/Batur Parisi

Metrotvnews.com, Merak: Jika anda termasuk pemudik dengan kendaraan roda dua yang hendak menyeberang dari Merak juga Lampung, ada baiknya untuk tidak menggunakan jalur biasa menuju dermaga. 

Sebab PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry cabang Merak, mewajibkan kendaraan roda dua untuk menggunakan dermaga VI yang telah dibuka sejak kemarin. 

"Dermaga VI khusus untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Jadi kalau mereka tidak masuk ke sana ya harus memutar balik. Petugas kami siap menghadang agar pemudik tidak kebablasan masuk ke lintasan dermaga yang lain," kata General Manager PT ASDP Ferry cabang Merak, Tommy Kaunang di ruang kerjanya, Senin 19 Juni 2017. 

Dia menjelaskan dermaga tersebut memiliki area antre yang mampu menampung hingga 6.000 kendaraan roda dua. Khusus di momentum arus mudik kali ini, PT ASDP Ferry cabang Merak menyediakan tenda dan kipas sebagai bentuk pelayanan kepada para pemudik. 

"Pelayanan di sana dijamin cepat. Karena yang dilayani hanya roda dua maka bisa di bawah 45 menit seharusnya saat bongksr muat penumpang. Sejauh ini mobil masih ada yang diarahkan ke sana, karena penumpangnya masih sepi," ujarnya. 

Sementara, lanjut Tommy, dermaga I sampai V diperuntukan untuk mengangkut penumpang pejalan kaki dan kendaraan roda dua atau lebih. Ia mengaku sengaja menerapkan metode semacam ini untuk menghindari penumpukan kendaraan. 

"Mudah-mudahan antrean bisa terpecah sehingga tidak menumpuk. Kalau seperti ini bisa tertib," pungkasnya. 

Caption: Dermaga VI Pelabuhan Merak, Banten. Metrotvnews.com/Batur Parisi



(ALB)