Gempa 5,2 SR Guncang Sulut

Mulyadi Pontororing    •    Sabtu, 13 Oct 2018 13:12 WIB
gempa bumi
Gempa 5,2 SR Guncang Sulut
Ilustrasi gempa. Medcom.id/M Rizal

Manado: Gempa tektonik berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Sabtu, 13 Oktober 2018, pukul 12.34 Wita. Gempa dirasakan hingga Manado.

"Gempa tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 kilometer arah tenggara Bitung pada kedalaman 115 km," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko.

Gempa dirasakan masyarakat di daerah Bitung dan Tondano pada skala III MMI, Manado pada skala II MMI dan Airmadidi pada skala II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan.

Gempa bumi yang masuk di perairan laut Maluku ini merupakan jenis gempa bumi menengah jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya. Gempa akibat aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

"Dan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme sesar berupa sesar oblique naik (oblique thrust)," jelasnya.

Hingga pukul 13.10 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.


(SUR)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA