KPU Kota Tangerang Hapus 2.340 Data Pemilih Ganda

Hendrik Simorangkir    •    Kamis, 13 Sep 2018 16:42 WIB
pilegpilpres 2019
KPU Kota Tangerang Hapus 2.340 Data Pemilih Ganda
ilustrasi Medcom.id

Tangerang: Sebanyak 2.340 pemilih di Kota Tangerang akan dihapus. Penghapusan tersebut setelah pihak KPU Kota Tangerang mendapati laporan dari partai peserta pemilu dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang, terkait adanya data pemilih ganda.

"Sore ini kami akan pleno dan melakukan penghapusan data bersama partai dan Bawaslu," kata Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Syailendra, Kamis 19 September 2018. 

Syailendra menjelaskan, keputusan untuk menghapus 2.340 data pemilih itu setelah melewati berkali-kali pengecekan. Meski dari Bawaslu melaporkan adanya 5.175 orang terdaftar secara ganda sebagai pemilih di Kota Tangerang. Namun, dengan sumber data yang sama dengan KPU, maka dilakukan pengecekan internal.

"Hasil self asessment internal KPU menemukan 4.902 DPT (Daftar Pemilih Tetap) ganda, namun karena data dari Bawaslu berbeda dengan kita, maka kita akan plenokan," jelas Syailendra.

Menurut Syailendra, dari gabungan DPT ganda yang didapati KPU dan Bawaslu, maka KPU akan menghapus 2.340 data. Hal ini, Syailendra menambahkan, setelah melakukan pencocokan dengan data DPT ganda yang ditemukan Bawaslu.

"Bawaslu menemukan 5.175, kami (KPU) menemukan 4.902, setelah kita cek kembali, ditemukan 2.340 DPT data pemilih ganda dari data KPU dan Bawaslu, dan itu akan dihapus," kata Syailendra.

Selain KPU dan Bawaslu. Syailendra juga mengapresiasi temuan DPT ganda oleh partai-partai politik peserta pemilu. Namun, data yang diberikan oleh partai terlalu besar.

"Partai politik melaporkan 37 ribu lebih DPT ganda. Dari laporan mereka, 1.133 akan kita masukkan ke data yang akan dihapus juga," ucapnya.

Dengan adanya laporan dari partai politik, lanjutnya, merupakan indikator pro aktifnya masyarakat dalam mengawasi pemilu. Dengan begitu, proses demokrasi menurutnya telah berkembang dengan baik.



(ALB)