Pelaporan Parpol di Sulsel Belum 100 Persen

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 13 Oct 2017 15:37 WIB
pilpres 2019
Pelaporan Parpol di Sulsel Belum 100 Persen
Pengurus DPW NasDem Sulsel menjelaskan soal pendaftaran berkas parpol di tingkat kabupaten/kota

Metrotvnews.com, Makassar: KPU Provinsi Sulawesi Selatan masih menunggu laporan verifikasi partai politik pendaftar peserta Pemilu 2019. Sesuai jadwal, penyerahan laporan dibuka di 24 kabupatan/kota hingga 16 Oktober 2017.

Komisioner KPU Sulsel Khaerul Mannan mengatakan, berdasarkan pantauan aktual pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), laporan yang masuk belum 100 persen. Masih ada pengurus parpol di sejumlah daerah yang belum memasukkan berkas verifikasi.

“Sejauh ini laporan yang masuk sangat variatif di masing-masing kabupaten/kota. Tapi secara umum masih ada yang belum lengkap,” kata Khaerul di Makassar, Jumat 13 Oktober 2017.

Khaerul menjelaskan, penyerahan data partai politik dibuka di tingkat kabupatan/kota, seiring pendaftaran di KPU RI. Dalam hal ini KPU provinsi hanya memantau proses, yang akan dilanjut dengan verifikasi faktual. Laporan antara lain berisi daftar pengurus dan anggota parpol, alamat kesekretariatan, serta salinan kartu identitas.

“Laporan yang masuk sejauh ini ada yang dikembalikan karena belum lengkap. Kita beri kesempatan melengkapi, sampai batas waktu yang telah ditentukan,” ujarnya.

Terpisah, 24 Dewan Pimpinan Daerah Partai (DPD) NasDem se-Sulsel mendaftarkan diri secara serentak ke KPU setempat, Jumat pagi. Prosesi ini bertepatan dengan agenda NasDem se-Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah NasDem Sulsel Muslim Salam mengklaim kelengkapan berkas laporan partainya di seluruh daerah. Pihaknya disebut telah memenuhi penyediaan struktur organisasi hingga ke tingkat kelurahan.

“Kita juga telah memenuhi syarat penyediaan 30 persen kader perempuan di setiap kabupaten/kota. Sekarang ktia tinggal menunggu hasil verifikasi KPU,” ujar Muslim.



(ALB)