143 Pengungsi Erupsi Gunung Agung Memilih Pulang

Antara    •    Sabtu, 07 Oct 2017 13:20 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
143 Pengungsi Erupsi Gunung Agung Memilih Pulang
Sejumlah pengungsi letusan Gunung Agung berada di posko pengungsian Desa Les, Kabupaten Buleleng, Bali. Foto: Antara/Wira Suryantala

Metrotvnews.com, Klungkung: Sebanyak 143 orang pengungsi dari Posko Banjar Lebah, Desa Basangkawan, Kabupaten Klungkung Bali memilih kembali ke daerah asalnya di Dusun Hyang Api, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem. Pengungsi kembali ke dusun atas permintaan dari kelian adat (kepala dusun) yang menyatakan daerahnya berada di luar kawasan rawan bencana (KRB).

Pengungsi kembali ke dusun atas permintaan dari kelian adat (kepala dusun) yang menyatakan daerahnya berada di luar kawasan rawan bencana (KRB). "Kami BPBD Klungkung hanya memfasilitasi kepulangan mereka," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung, Bali I Putu Widiada, Sabtu 7 Oktober 2017.

Para pengungsi yang kembali ke Dusun Hyang Api ini rata-rata warga berusia dewasa dan anak-anak. Beberapa di antaranya juga telah lanjut usia.

Dua unit bus angkutan kota milik Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung diberdayakan untuk mengangkut pengungsi. Barang milik pengungsi diangkut menggunakan satu dua truk milik Kodim dan Polsek Klungkung.

"Awalnya mereka mengungsi ke Posko Banjar Lebah dengan sepeda motor dan meminjam mobil milik warga setempat," ujarnya.

Sebelumnya, BPBD Klungkung telah memulangkan 121 jiwa berasal dari 36 kepala keluarga (KK) dari Dusun Benekasa, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, pada Jumat 6 Oktober 2017.

Pemulangan warga pengungsi ini diantar langsung Wakil Bupati Klungkung, Bali, I Made Kasta. Para pengungsi yang dipulangkan ini diharapkan dapat melakukan aktivitas seperti biasa di rumahnya.

BPBD Klungkung mencatat jumlah pengungsi yang rumahnya berada pada zona aman sebanyak 1.794 jiwa tersebar meliputi 43 desa dan 122 titik pengungsian di kabupaten tersebut.


(SUR)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA