Perampok di Tangerang Sekap Karyawan Minimarket dalam Gudang

Hendrik Simorangkir    •    Jumat, 01 Jun 2018 13:51 WIB
perampokan
Perampok di Tangerang Sekap Karyawan Minimarket dalam Gudang
Hasil rekaman CCTV. Foto: Polresta Tangerang

Tangerang: Dua dari empat komplotan rampok minimarket ditangkap Polresta Tangerang setelah berhasil menggondol uang puluhan juta dari brankas minimarket di wilayah Desa Munjul, Solear, Kabupaten Tangerang. Sementara, dua pelaku lainnya diburu polisi.

Peristiwa yang terjadi Selasa, 25 Mei 2018 itu pun terekam oleh CCTV toko. Berbekal rekaman itu, polisi berhasil menangkap dua dari empat pelaku pada Rabu, 30 Mei 2018. Bahkan, aksi komplotan tersebut sempat menyandera karyawan minimarket tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang, Kompol Wiwin Setiawan mengatakan, aksi penangkapan terhadap dua pelaku berawal dari hasil penyelidikan berdasarkan rekaman CCTV. Pihaknya berhasil mengendus keberadaan satu di antara empat perampok di sekitar Desa Munjul.

"Satu pelaku berinisial YR, kami tangkap dikediamannya tak jauh dari lokasi kejadian," kata Wiwin saat dikonfirmasi, Jumat, 1 Juni 2018. 

Setelah menangkap YR, polisi kemudian mendapatkan informasi mengenai keberadaan rekannya berinisial SU. Saat SU ditangkap dan diperiksa, ternyata dia pun telah mempunyai catatan hitam dalam perkara kejahatan lainnya.

"Saat ini, kedua pelaku ini telah diamankan di Mapolresta Tangerang, dan dua orang lainnya masuk ke daftar pencarian orang (DPO) dan sedang dalam pengejaran kami (polisi)," ujar Wiwin.

Wiwin mengatakan, komplotan perampok itu diketahui beraksi pada 25 Mei 2018 sekira pukul 06.25 WIB, ketika toko baru buka. 

"Saat itu, karyawan toko tidak curiga bahkan mengira mereka sebagai pembeli. Hingga akhirnya empat pelaku mendekati meja kasir dan satu di antaranya mengeluarkan senjata tajam dengan mengancam," jelas Wiwin. 

Bahkan dua orang karyawan minimarket tersebut disekap dan dibawa ke gudang, sementara dua pelaku lainnya keluar toko untuk mengamankan aksi mereka.

Setelah menyekap dua karyawan, dua pelaku lainnya langsung menggondol semua rokok di belakang meja kasir dan kemudian memaksa karyawan untuk menyerahkan kunci brankas uang dan membawa puluhan juta hasil rampokan.

"Penyidik menjerat kedua pelaku dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara," pungkasnya. 



(ALB)