Jokowi Minta Diskon Kemeja di Mal Panakkukang

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 12 Jul 2017 21:02 WIB
jokowi blusukan
Jokowi Minta Diskon Kemeja di Mal Panakkukang
Presiden Jokowi berbincang dengan pelayan salah satu gerai di Mal Panakkukang, Makassar, Sulsel, Rabu (12/7/2017). (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Presiden Joko Widodo berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 12 Juli 2017. Salah satu agendanya, membuka peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 yang digelar di Lapangan Karebosi.

Di sela kunjungannya, Jokowi menyempatkan kebiasaan blusukan. Salah satu tujuannya, Mal Panakkukang (MP) di jalan Boulevard. Dia tiba sekitar pukul 20.00 WITA, usai berangkat dari Hotel Clarion di jalan AP Pettarani tempatnya menginap.

Jokowi berjalan-jalan di MP didampingi Gubernur Sulsel  Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto. Kedatangan rombongan menarik perhatian warga.

Jokowi terus menjadi pusat perhatian selama berkeliling mal. Ada yang minta foto bersama, atau sekadar salaman. Tak jarang ada yang menjerit.

Paspampres yang mengawal pun dibuat kewalahan oleh orang-orang yang terus ingin mendekat. Orang nomor satu di Indonesia itu tetap sabar melayani permintaan warga. Senyum selalu berkembang di wajah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


Warga mengerumuni Presiden Jokowi di Mal Panakkukang, Makassar. (Metrotvnews.com/Aan Pranata) 

Jokowi sempat masuk sejumlah toko di MP. Salah satunya, di gerai Wrangler di lantai dua. Di toko ini, Jokowi membeli satu kemeja berlengan panjang dark blue seharga Rp429 ribu. Dengan potongan harga 25 persen, Jokowi tinggal membayar Rp323 ribu untuk pakaian berukuran M.

"Bapak sempat lihat-lihat tiga kemeja. Ada yang warna merah, tapi dipilih yang biru," kata Usmulia Hasni, karyawan toko Wrangler. "Saya kaget sekali. Tidak pernah menyangka beliau belanja di sini," ujarnya.

Jokowi juga terpantau memasuki sejumlah toko pakaian dan sepatu. Antara lain di toko Hardware dan toko Kickers. Tapi di tempat ini dia tidak berbelanja. 

"Cuma lihat-lihat jaket. Kami juga sempat minta foto," ujar salah seorang karyawan toko.


Presiden Jokowi melayani warga yang hendak foto bersama di Mal Panakkukang, Makassar. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Lain lagi di toko Lee Cooper. Di tempat ini, Jokowi membeli sebuah kemeja biru tua seharga Rp519 ribu. Narti, penjaga toko mengatakan, Presiden sempat meminta potongan harga.

"Tapi saya tidak berani beri diskon, karena bukan saya yang punya. Tapi saya sangat senang bisa bertatap muka langsung," ucapnya sembari tertawa.

Jokowi berada di MP selama sekitar satu setengah jam. Barang lain yang sempat dibeli adalah jaket Fila long sleeve biru-kuning. Dengan diskon 20 persen, harganya menjadi Rp479 ribu. Berbeda dengan kemeja, jaket ini langsung dikenakan hingga meninggalkan lokasi.


(SAN)