Bus dengan Kaca Depan Pecah Ditemukan di Tangsel

Farhan Dwitama    •    Sabtu, 17 Jun 2017 17:04 WIB
mudik lebaran 2017
Bus dengan Kaca Depan Pecah Ditemukan di Tangsel
Petugas menguji kelayakan jalan bus AKAP angkutan mudik Lebaran 2017. (Metrotvnews.com/Farhan)

Metrotvnews.com, Tangerang: Petugas Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan melakukan uji kelayakan (ramph check) terhadap puluhan bus antarkota antarprovinsi yang memiliki pool di Kota Tangsel.

Sejumlah bus terkena tilang lantaran tak memenuhi standar keselamatan. Petugas menemukan kaca depan bus pecah, lampu mundur mati, hingga malfungsi alat pengukur kecepatan (speedometer).

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Tangerang Selatan, Wijaya Kusuma, menegaskan tidak ada toleransi bagi bus yang melanggar. "Kita tilang bus-bus yang tidak sesuai keselamatan angkutan penumpang," ucapnya, di pool Bus Primajasa, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu 17 Juni 2017.

Sidak uji kelaikan ini adalah kali ketiga yang dilakukan Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dishub Tangsel. Sanksi yang diberikan bukan sekadar teguran dan pembinaan. "Kali ini tindakan tegas, diserahkan ke kejaksaan dengan tilang," tutur dia.

Hari ini ada tiga pool bus yang disidak. Yakni Rosalia Indah, Primajasa dan Harapan Jaya. Pemeriksaan akan dilanjutkan hingga beberapa hari ke depan. Namun, dia merahasiakan lokasi dan waktu sidak.

Achmad Machmud, Kepala Pool Rosalia Indah yang busnya terkena tilang lantaran kaca depan pecah, memastikan tak akan menggunakan kendaraan tersebut sebelum diperbaiki.

"Ini bus cadangan saja, untuk penggantian kaca harus dari pusat nanti. Tapi saya jamin taat dan patuh terhadap aturan, kan kita kena tilang juga," kata dia.


(SAN)