Bandara Supadio Banjir, Ratusan Penumpang Gagal Terbang

Agung Widura    •    Minggu, 12 Nov 2017 15:39 WIB
banjirbandara
Bandara Supadio Banjir, Ratusan Penumpang Gagal Terbang
Beberapa Pesawat Terparkir di Apron bandara Supadio Pontianak, Minggu 12 November 2017.

Pontianak: Ratusan penumpang berbagai maskapai penerbangan di Bandara Supadio Pontianak gagal terbang lantaran landasan pacu pesawat banjir. PT. Angkasa Pura II selaku pihak manajemen Bandara Supadio Pontianak pun meminta maaf atas kejadian itu.

"Kami selaku pihak bandara meminta maaf kepada seluruh penumpang disebabkan faktor cuaca dari tadi malam hingga pagi ini belum reda," kata General Manager PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak Bayuh Iswantoro Minggu 12 November 2017.]

Bayuh bilang, penundaan keberangkatan akibat banjir yang menggenangi landasan pacu pertama kali dialami Bandara Supadio Pontianak. Untuk itu saat ini kami sedang melakukan normalisasi saluran air di sekitar landasan pacu pesawat.

"Dimulai dari jam 6 pagi hingga jam 1 siang masih melakukan normalisasi saluran air dengan cara menyedot air tersebut di runway (landasan pacu) dan penggalian pembuatan tanggul sementara agar air tidak membanjiri runway," ujarnya.

Jika upaya normalisasi saluran air berhasil di landasan pacu pesawat berhasil, pihak bandara direncanakan akan membuka kembali penerbangan dalam waktu dekat. "Rencananya kami akan membuka kembali penerbangan pada pukul 16.00 WIB, dengan syarat apabila landasan pacu sudah mengering atau tidak tergenang banjir lagi," kata Bayuh sembari mengtakan, pihak bandara Supadio memberikan kompensasi kepada penumpang  berupa makanan sampai jadwal penerbangan dibuka kembali.

Berdasarkan data dari pihak PT. Angkasa Pura II untuk saat ini ada 20 pesawat di batalkan penerbangannya sambil menunggu informasi lanjutan.

"Untuk saat ini pesawat yang terlambat dari maskapai Lion air group ada 9 jadwal penerbangan, maskapai xpress air ada 2 jadwal di batalkan, maskapai Garuda Indonesia ada 5 jadwal penerbangan yang dibatalkan, Sriwijaya air 1 jadwal penerbangan terlambat dan maskapai NAM air 3 jadwal di cancel," pungkasnya.


(ALB)