Menhub Tinjau Kesiapan Angkutan Mudik di Makassar

Andi Aan Pranata    •    Sabtu, 17 Jun 2017 16:16 WIB
mudik lebaran 2017
Menhub Tinjau Kesiapan Angkutan Mudik di Makassar
Menhub Budi Karya Sumadi dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan angkutan lebaran di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 17 Juni 2017. Dia mengecek kesiapan sarana dan prasarana pada dua lokasi, yakni Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Menteri Budi tiba di Makassar sekitar pukul 15.30 WITA. Dia datang dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menumpang pesawat Hawker 900 XP PK-CAR milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan. Pada hari yang sama, Budi dijadwalkan berkunjung tiga kota, yang diakhiri di Banyuwangi, Jawa Timur.

Tiba di Makassar, Menteri Budi langsung menuju terminal penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta di jalan Nusantara. Di tempat ini dia memimpin apel bersama kesiapan angkutan laut lebaran. Apel diikuti gabungan personel otoritas pelabuhan Makassar.

Budi lalu mengunjungi posko terpadu angkutan lebaran di kawasan pelabuhan. Dia menyatakan peninjauan tersebut untuk memastikan kualitas pelayanan bagi masyarakat selama masa mudik lebaran.

"Bapak Presiden menginginkan mudik sekarang ini lebih bagus," kata Budi kepada wartawan.

Dalam kunjungannya kali ini Budi didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Kepada Syahrul, dia berpesan agar pemerintah setempat memastikan aspek keselamatan dan keamanan penumpang. Kesiapan sarana dan prasarana, kata dia, bisa dijamin dengan uji kelayakan (ramp check) secara rutin.

"Tidak hanya di laut, tapi juga di udara dan darat. Saya berterima kasih karena di sini ada gubernur yang kooperatif," ujar Budi.

Pada tahun ini Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik di seluruh Indonesia sebanyak 19 juta orang. 5,4 juta orang di antaranya menggunakan angkutan udara, dengan jumlah yang sama pada angkutan darat. Sisanya menggunakan jalur laut.

"Perkembangan yang paling pesat pada jumlah pengguna kendaraan pribadi," kata Budi.


(SAN)

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

2 hours Ago

Status tersangka Novanto dinilai akan memengaruhi partai dalam kontestasi politik yang akan dat…

BERITA LAINNYA