Pencetakan KTP-el Tersendat karena Kerusakan Server

Antara    •    Jumat, 15 Sep 2017 10:10 WIB
pelayanan e-ktp
Pencetakan KTP-el Tersendat karena Kerusakan <i>Server</i>
Ilustrasi KTP elektronik. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Kupang: Proses pencetakan KTP elektronik (KTP-el) kota Kupang tersendat. Kerusakan peladen (server) menjadi sebab.

"Server yang kami miliki rusak. Karena itu tidak bisa memasukkan data warga yang sudah melakukan perekaman untuk dicetak KTP elektroniknya," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, David Marts Mangi, seperti yang dilansir Antara, Jumat 15 September 2017.

Kerusakan peladen itu, menyebabkan sistem yang terpasang secara daring tak bisa diubah menjadi manual. Akibatnya, data kependudukan untuk mencetak KTP elektronik warga tak bisa diakses.

Penanggulangan kerusakan server ini juga memakan waktu. Sebab, data yang telah terkumpul harus dikirim ke server pusat untuk diverifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri terlebih dulu.

Dari sebanyak 10 ribu data yang masuk di kementerian, kata David, delapan ribu KTP-el telah diterbitkan. Secara berangsur, kata David, pelayanan KTP elektronik terus kembali normal.

Satu alat perekaman yang semula rusak sudah  diperbaiki. "Sementara satunya lagi tidak bisa diperbaiki karena alat pengadaan dari 2006 dan hanya bisa diganti dengan alat yang baru," katanya.

David memastikan tertundanya warga mendapatkan KTP-el setelah perekaman murni masalah teknis. Tidak ada kaitan dengan semakin dekatnya ajang Pilkada dan Pilpres atau unsur lain.

"Ini benar-benar alasan peralatan," katanya.



 


(SUR)