Ribuan Karyawan Freeport Gelar Aksi Damai

Antara    •    Jumat, 17 Feb 2017 13:10 WIB
freeport
Ribuan Karyawan Freeport Gelar Aksi Damai
Foto ilustrasi. (Ant/Puspaperwitasari)

Metrotvnews.com, Timika: Ribuan pekerja bergerak dari Lapangan Timika Indah menuju Kantor Bupati Mimika di Kampung Karang Senang-SP3 Timika, Papua, Jumat, 17 Februari 2017. Mereka adalah karyawan dari PT Freeport Indonesia dan perusahaan privatisasi beserta kontrak.

Mereka akan menyampaikan tuntutan kepada pemerintah agar segera menerbitkan izin ekspor konsentrat. Sejak pemerintah tak lagi memberi izin ekspor konsentrat, Freeport telah mengurangi operasional dan merumahkan karyawan.

Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, dikutip Antara, mengatakan, lebih dari 300 karyawan PT Freeport Indonesia dan sejumlah perusahaan privatisasi dan kontraktornya telah dirumahkan.

Baca: Freeport Benarkan Sudah Hentikan Produksi

Menurut dia, keputusan tersebut karena sejak 12 Januari perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu tidak lagi mendapatkan izin ekspor dari pemerintah. Karyawan yang diprioritaskan untuk dirumahkan adalah tenaga kerja asing, karyawan senior dan yang sering sakit.

Polres Mimika mengerahkan ratusan personel guna mengamankan jalannya aksi unjuk rasa damai itu.

Sekadar diketahui, selama Freeport mengantoni izin ekspor kensentrat tembaga, emas dan perak dari pemerintah, perusahaan itu mengekspor 60 persen hasil produksinya ke berbagai negara. Namun, izin itu tak lagi diberikan oleh pemerintah sejak 12 Januari 2017.

Freeport telah menyetujui untuk mengubah kontraknya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Meski begitu, hingga kini manajemen Freeport terus berupaya melobi agar kembali mendapatkan izin ekspor konsentrat.


(SAN)

Novanto tak Pakai Infus dan Oksigen Pascaoperasi

Novanto tak Pakai Infus dan Oksigen Pascaoperasi

1 hour Ago

Novanto pada Senin, 18 September 2017 diketahui telah menjalani operasi pemasangan ring jantung…

BERITA LAINNYA