Tabrak Karang Kapal Ferry Jurusan Surabaya Karam

John Lewar    •    Sabtu, 15 Oct 2016 11:10 WIB
kapal tenggelam
Tabrak Karang Kapal Ferry Jurusan Surabaya Karam
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Manggarai Barat: Diduga menabrak karang, kapal ferry Dharma Kencana VIII, karam di perairan sekitar kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat malam 15 Oktober 2016.

Kapal penumpang yang hendak menuju Surabaya, Jawa Timur, itu mengangkut 142 penumpang, 36 anak buah kapal, dan puluhan kendaraan. Semua penumpang dan ABK dilaporkan selamat, tapi tiga orang terluka dan satu ibu pingsan. Para korban dilarikan ke Puskesmas Labuan Bajo. 

Sementara itu, puluhan kendaraan yang terdiri dari 30 truk besar, 1 truk sedang, 4 minibus, dan 1 sepeda motor, tenggelam.

"Jumlah penumpang yang diselamatkan lebih banyak dari manfest penumpang yang berjumlah 117 orang," kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Supiyanto.

Penumpang yang selamat hingga kini diinapkan di penginapan sekitar Pelabuhan Labuan Bajo. Hingga berita ini diturunkan, pemerintah daerah setempat belum memberikan bantuan.

Informasi yang dihimpun Metro TV, kapal diduga menabrak karang di antara Pulau Bidadari dan Pulau Monyet. Dari keterangan penumpang, saat terjadinya tabrakan terdengar bunyi benturan keras. Penumpang sempat berlarian dan melompat dari kapal setelah mengenakan pelampung.

"Kapal sempat oleng dan mati mesin tak lama setelah ada benturan," kata Regina, penumpang asal Mbay, NTT.

Sunawi, penumpang asal Malang, Jawa Timur, mengatakan penumpang menyelamatkan diri tanpa bantuan. "Tak ada yang membantu kami saat menyelamatkan diri," kata dia.

Beruntung, tim penyelamat dari Polres Manggarai Barat, Polair, Basarnas, TNI AL, dan Syahbandar, segera datang. Sejumlah nelayan setempat juga membantu mengevakuasi penumpang ke Pelabuhan Labuan Bajo.

Polisi saat ini masih menyelidiki penyebab kecelakaan kapal. Polisi memeriksa nahkoda kapal terkait manipulasi jumlah penumpang. Nahkoda kapal diduga nahkoda tembakan yang belum berpengalaman.



(UWA)