Gaya Kepemimpinan ala Ridwan Kamil

Damar Iradat    •    Senin, 20 Mar 2017 03:16 WIB
pilkada jabar
Gaya Kepemimpinan ala Ridwan Kamil
Ridwan Kamil. Foto: Grafis MTVN

Metrotvnews.com, Bandung: Sebagai seorang pemimpin, Ridwan Kamil memiliki gaya kepemimpinan tersendiri. Wali Kota Bandung itu mengatakan, gaya kepempinannya merujuk kepada pemimpin yang langsung turun kepada rakyatnya.

Sosok yang akrab dengan sapaan Kang Emil itu mengakui, dirinya memegang prinsip pemimpin di saat seperti ini. Setidaknya, ada tiga prinsip yang dipegangnya soal rumus kepemimpinan,

"Pemimpin hari ini tuh yang turun tangan, bukan lepas tangan," kata Emil dalam program Prime Time News di Metro TV, Minggu 19 Maret 2017.

Selain itu, menurut Emil, pemimpin harus memiliki banyak inovasi. Ketika menghadapi 100 masalah, pemimpin harus punya 100 inovasi.

Kemudian, menurut dia, pemimpin harus mencintai dan dekat dengan rakyat. Oleh karenanya, selama memimpin Bandung 3,5 tahun ini, Emil sengaja berkantor menggunakan sepeda agar bisa semakin dekat dengan rakyat Bandung.

"Dengan saya bersepeda tiap hari, bike to work, saya bisa ketemu dengan warga kapan saja. Diberhentikan, dengarkan curhat, melihat problem, dan seterusnya," tegas dia.

Dengan memegang teguh prinsip itu, mantan dosen arsitektur Institut Teknologi Bandung itu mengaku dirinya bisa memimpin tidak hanya di Bandung. 

"Jadi, kalau ditaruh di kabupaten, kota, provinsi, karena nilainya sama, nanti terjadi akumulasi positif," tandas dia.



(SCI)

Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Penuhi Balai Kota

Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Penuhi Balai Kota

53 minutes Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan karangan bunga warna-warni memenuhi halaman Balai Kota DKI Ja…

BERITA LAINNYA