Pemkot Pontianak Berencana Menjadi Kartu Pegawai Sekaligus e-Money

Agung Widura    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:24 WIB
pemda
Pemkot Pontianak Berencana Menjadi Kartu Pegawai Sekaligus e-Money
Ilustrasi -- MTVN/Agung Widura

Metrotvnews.com, Pontianak: Pemerintah Kota Pontianak berencana menjadikan kartu pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus sebagai uang elektronik (e-money). Dengan begitu bisa memudahkan transaksi setiap ASN di lingkungan Pemkot Pontianak.

"Dengan e-money, transaksi jadi lebih aman dan mudah," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji di kantornya, Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 14 September 2017.

Sutarmidji menjelaskan, inovasi yang dibuatnya ini dapat mengurangi angka kriminalitas. Para ASN jadi tidak perlu menyimpan uang banyak di saku mereka.

"Sekarang kita sedang melakukan sosialisasi penggunaan e-money. Sosialisasi dilakukan secara bertahap. Saat ini, bari kepada ASN. Nantinya, dilakukan kepada seluruh warga Pontianak," ujarnya.

Menurut Sutarmidji, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah bank dan perusahaan-perusahan grosir, baik di tingkat pasar modern ataupun tradisional. "Dalam waktu dekat kita kerja sama dengan Pertamina untuk penggunaan e-money," lanjutnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Dwi Suslamanto menambahkan, persyaratan pertama penggunaan e-money sudah terpenuhi. Pendapatan rata-rata warga Pontianak setiap tahunnya meningkatkan. Hal ini diimbangi dengan penggunaan ponsel untuk seluruh transaksi non-tunai.

"Bank Indonesia sebagai otoritas yang mengatur payment penggunaan kartu itu dan dijamin akan aman," tegasnya.


(NIN)