Kodam XIV Hasanuddin Pantau Pergerakan Jaringan Teroris

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 15 May 2018 14:06 WIB
terorisme
Kodam XIV Hasanuddin Pantau Pergerakan Jaringan Teroris
Pangdam XIV/ Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti

Makassar: Panglima Kodam (pangdam) XIV/ Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengimbau masyarakat mewaspadai setiap ancaman teroris di daerahnya. Kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang disebut bertanggungjawab atas serangkaian teror di Surabaya, diyakini ada dan tersebar di mana-mana.

Agus memastikan saat ini TNI sementara menjalankan fungsi intelijen dan teritorialnya untuk membantu Kepolisian dalam mengungkap jaringan tersebut. “(JAD) di mana-mana sudah ada. Sudah lama. Pak Kapolri menyatakan sudah ada di seluruh Indonesia mereka,” kata Mayjen Agus usai menghadiri rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di rumah jabatan gubernur Sulsel, jalan Jenderal Sudirman Makassar, Selasa 15 Mei 2018.

Agus mengungkapkan, sebagaimana wewenangnya, TNI bertugas mengidentifikasi dan mendalami gerakan yang diduga teroris. Adapun tindakan tegas diserahkan kepada Polisi. Di samping itu, diharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan informasi apa pun yang terkait kegiatan yang mengarah pada upaya terorisme.

Agus juga berharap masyarakat sama-sama saling mengingatkan dan mendoakan, agar tidak ada lagi yang berupaya merusak kedamaian.

“Kami berharap bantuan masyarakat, sekecil informasi apa pun harap dilaporkan.” ujar Agus.

Soal jaringan JAD, Agus enggan mengungkap lebih terperinci. Menurutnya itu menjadi urusan aparat keamanan untuk menindaki. Masyarakat diimbau tetap tenang.

“Tinggal bagaimana tensinya. Tergantung bagaimana masyarakat. Kalau masyarakat memahami itu sebagai sesuatu yang mesti dijaga bersama, pasti terjaga,” Agus melanjutkan.

Sebelumnya Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono meminta warga Sulsel mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Konsep tersebut dianggap efektif mendeteksi dini upaya terorisme di sekitar tempat tinggal masing-masing.



(ALB)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA