700 Ribu Jiwa di Sulsel Belum Punya KTP-el

Lina Herlina    •    Kamis, 11 Oct 2018 16:23 WIB
e-ktp
700 Ribu Jiwa di Sulsel Belum Punya KTP-el
ilustrasi Antara

Makassar: Sebanyak 700 ribu jiwa di Sulawesi Selatan dipastikan belum memiliki KTP Elektronik (KTP-el). Data didapat berdasarkan pendataan hingga akhir Agustus 2018 yang belum merekam KTP-el.  

"Kalau yang belum merekam itu sekitar 700 ribuan dari wajib KTP-el sekitar 6.800.000 orang lebih, dan yang sudah merekam itu hampir 6.100.000 orang. Artinya, kita sudah lakukan perekaman sampai 89,36 persen," kata Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Sulsel, Sukarniaty Kondolele, Kamis 11 Oktober 2018. 

Karenanya aku Sukarniaty, pihaknya tengah menggenjot proses perekaman di semua kabupaten/kota di Sulsel. "Itu posisi sampai akhir Agustus. Mudah-mudahan untuk Oktober ini ada data baru penambahan jumlah perekaman," lanjut Sukarniaty.

Bahkan kata Sukarniaty, Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, telah memberi batas waktu kepada masyarakat yang belum merekam KTP-el hingga 31 Desember mendatang.

"Jika tidak, selain data kependudukannya akan diblokir, mereka juga dipastikan tidak dapat berpartisipasi dalam ajang Pemilu 2019 mendatang. Dan jika diblok atau dinonaktifkan, maka dia akan kesulitan mendapatkan pelayanan publik karena basisnya kan di KTP elektronik," pungkasnya.



(ALB)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA