Soma Cang Alat Tangkap Ikan yang Diharamkan Nelayan Manado

Mulyadi Pontororing    •    Selasa, 27 Mar 2018 20:35 WIB
nelayan
Soma Cang Alat Tangkap Ikan yang Diharamkan Nelayan Manado
Ilustrasi. Nelayan memindahkan ikan cakalang dari perahu ke keranjang sehabis melaut (ANTARA FOTO/Seno)

Manado: Nelayan Kota Manado memastikan penggunaan pukat harimau tidak lagi digunakan di wilayah operasinya. Sehingga, mereka tak khawatir dengan dampak alat tersebut.

Salah satu nelayan di kawasan Kelurahan Sario, Manado Ponny Dany Teleng mengaku yang menjadi kekhawatiran para nelayan saat ini yakni munculnya sekelompok nelayan yang menggunakan alat yang dalam bahasa lokalnya mereka sebut soma cang.

Menurut Ponny, alat tersebut sangat tak ramah lingkungan apalagi dalam pengoperasiannya para nelayan sengaja merusak karang untuk memasang alat agar ikan masuk ke jaring yang dipasang.

"Alat tersebut terbuat dari jaring keras atau selvedge berbentuk persegi dengan ukuran 10x10 meter. Di bawahnya dipasang jaring untuk menjerat ikan," terang Ponny saat ditemui di lokasi tambatan perahu di Kelurahan Sario, Manado, Rabu, 27 Maret 2018.

Pada sisi kiri atau kanan, juga dipasang jaring keras sepanjang kurang lebih 50 meter sebagai pagar agar ikan tak lolos saat diusir. Sementara pada sisi lainnya dipasang tali dengan rumbai sepanjang 400 meter yang berguna agar ikan masuk ke perangkap.

"Yang jadi masalah adalah sedari pemasangan karang mereka sudah merusak karang, karena perangkap yang dipasang harus ditanam di dalam karang.  Selanjutnya, jika ikan lari dan masuk ke ke karang saat diusir karang tersebut harus dibongkar itu yang mereka lakukan," jelas Ponny.

Ponny mengungkapkan alat tersebut digunakan oleh sekelompok nelayan nomaden dan biasa digunakan di perairan dangkal antara 25 sampai 30 meter. Mereka, ujarnya, berpindah-pindah jika ikan yang di lokasi operasi telah habis mereka akan berpindah ke lokasi lain.

"Untuk itu kami para nelayan telah sepakat untuk mengusir mereka jika menemui mereka beroperasi di wilayah operasi kami," tandasnya.

Meskipun mengaku tak melihat lagi para nelayan nomaden tersebut, namun Ponny meyakini mereka masih tetap beroperasi di wilayah lain.

"Kalau di Manado mereka sudah tak pernah kelihatan lagi. Tapi mungkin saja mereka sudah beroperasi di lain temoat," kata dia.


(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA