Bulog Sulselbar Siapkan Rp4 Triliun Serap Beras Petani

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 18 Apr 2017 19:45 WIB
bulog
Bulog Sulselbar Siapkan Rp4 Triliun Serap Beras Petani
Stok beras di gudang Bulog Sumselbar. (Metrotvnews.com/Andi Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Bulog Divre Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menargetkan serapan beras mencapai 428 ribu ton sepanjang 2017. Untuk meraih target itu, Bulog mengalokasikan anggaran senilai Rp4 triliun.

"Untuk menyerap secara maksimal, kami bekerja setiap hari. Bahkan Sabtu Minggu pun tetap bekerja, tidak ada libur," kata Kepala Divisi Perum Bulog Sulselbar Dindin Syamsudin pada konferensi pers di Makassar, Sulsel, Selasa, 18 April 2017.

Dindin mengungkapkan, hingga awal April tahun ini penyerapan beras petani di daerahnya sudah mencapai 132 ribu ton. Atau setara 31 persen dari target. Capaian itu diklaim melebihi penyerapan di daerah lain yang dikenal sebagai lumbung pangan, seperti Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Rata-rata penyerapan nasional cuma 19 persen," ujarnya.

Tingginya penyerapan gabah dari petani sebanding dengan tingkat stok beras di Sulselbar. Tercatat saat ini stok sebanyak 194 ribu ton yang tersebar di beberapa gudang. Jumlah itu diyakini bisa memenuhi kebutuhan penyaluran beras hingga 24 bulan atau dua tahun ke depan.

"Stok ini bukan hanya untuk kebutuhan lokal, tapi juga hingga sejumlah daerah di Indonesia bagian timur. Bahkan secara berkala kita juga kirim ke sebagian wilayah Indonesia bagian barat," kata Dindin.

Menurut Dindin, penyaluran beras ke luar Sulsel tidak hanya dipengaruhi melimpahnya stok. Konsumsi lokal, kata dia, juga tidak terlalu besar. Jumlahnya hanya mencapai tujuh ribu hingga delapan ribu ton per bulan. "Itu sebanding 25 persen dari stok. Orang Sulsel patut berbangga karena mampu memberi makan rakyat Indonesia," dia menambahkan.


(SAN)