JK: Pengembangan Teknologi Fokus Pada Kekayaan Maritim

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 10 Aug 2017 15:22 WIB
teknologiwapres jk
JK: Pengembangan Teknologi Fokus Pada Kekayaan Maritim
Wapres Jusuf Kalla bersama Presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie. --MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan perlunya memperbarui semangat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang. Inovasi teknologi merupakan hal penting sebagai nilai tambah yang bermuara pada kemakmuran rakyat.

“Indonesia dengan penduduk 260 juta orang, setiap tahun membutuhkan begitu banyak kebutuhan dasar, dan tidak mungkin diselesaikan tanpa teknologi,” kata Kalla saat meresmikan puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22 di kawasan Center Point of Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 10 Agustus 2017.

Menurut Kalla, sudah seharusnya Indonesia berfokus pada pengembangan teknologi di bidang maritim. Sektor tersebut diketahui sebagai salah satu kekayaan terbesar bangsa.

Pengembangan teknologi kemaritiman, kata Kalla, antara lain diwujudkan dengan inovasi kapal dan alat tangkap yang memudahkan masyarakat menggali potensi laut. Hal tersebut sesuai dengan fokus pemerintah yang sebelumnya aktif menindaki beragam aktivitias terlarang seperti bom ikan dan pukat harimau.

“Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti) sudah banyak menangkap, membakar. Waktunya kita membangun dengan benar. Kesalahan-kesalahan yang sudah, agar diselesaikan,” kata Kalla.

Bagi Kalla, maraknya aktivitas ilegal di laut selama ini dikarenakan rendahnya pengetahuan masyarakat. Jika didukung inovasi teknologi sejak awal, seharusnya hal itu bisa dicegah. Pemerintah dan akademisi diminta agar aktif mencontoh negara-negara yang sudah lebih maju.

“Teknologi bisa diperoleh dengan tiga hal, riset, meniru, dan membeli. Dengan teknologi, kita bisa ciptakan yang lebih baik, lebih murah, dan jauh lebih cepat,” ujarnya.

Wapres Kalla bersama Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie hadir di Makassar menghadiri Hakteknas ke-22. Hakteknas digelar Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai ajang tahunan untuk memperingati tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia. Awalnya berupa penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung, Jawa Barat.


(ALB)

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

Pakar Nilai Sidang KTP-el Setya Novanto Sudah Seharusnya Dilanjutkan

12 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menilai proses praperadilan Setya Novanto seharusnya gugur…

BERITA LAINNYA