Pesan BJ Habibie di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:46 WIB
teknologi
Pesan BJ Habibie di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional
Wapres Jusuf Kalla bersama Presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie. --MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Presiden ke-3 BJ Habibie menghadiri puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22, yang dipusatkan di kawasan Center Point of Indonesia, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 10 Agustus 2017.

Habibie sebagai tokoh teknologi nasional merupakan orang di balik peringatan tahunan tersebut. Pada 10 Agustus 1995 di Bandung, Jawa Barat, pesawat terbang rancangannya,  N-250 Gatotkaca terbang perdana sebagai penanda kebangkitan teknologi di Indonesia.

Setelah 22 tahun, Habibie menyebut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam negeri cukup pesat. Itu terlihat dari munculnya beragam karya inovasi nyata yang sangat membantu di kehidupan masyarakat.

“Karya-karya nyata itu sangat membantu dalam spektrum yang lebar. Ada informasi, telekomunikasi, kesehatan, pertanian, biologi, kerajinan, semuanya,” kata Habibie.

Menurut Habibie, teknologi karya anak bangsa masih bisa dipacu lebih pesat. Dengan syarat, semua orang Indonesia mendukung penuh. Cukup dengan cara sederhana, yakni menggunakan produk karya cipta dalam negeri.

“Saya minta kepada siapa pun, di mana pun berada. Orientasi pada produk dalam negeri membantu bangsa Indonesia semakin unggul,” ujarnya.

Menggunakan produk dalam negeri, kata Habibie, sama saja mendorong percepatan inovasi teknologi. Sebab uang yang digunakan membeli, misalnya, dapat dimanfaatkan oleh para ilmuwan maupun praktisi teknologi. Baik untuk keperluan riset dan pengembangan inovasi lebih lanjut.

“Yang mereka butuhkan sekarang dana supaya berkembang. Kalau kita beli produk dalam negeri, mereka menjadi unggul. Negara pun punya anggaran lumayan dari pajak. Apalagi itu didapatkan dari sumber daya manusia terbarukan,” kata Habibie.


(ALB)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA