Kuota Calon Siswa Prasejahtera Sudah Berjalan 3 Tahun di Makassar

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:29 WIB
pendidikan
Kuota Calon Siswa Prasejahtera Sudah Berjalan 3 Tahun di Makassar
Suasana belajar di sebuah sekolah di Makassar, MTVN - Andi Aan

Metrotvnews.com, Makassar: Pemerintah mewajibkan sekolah menyediakan kursi khusus calon siswa dari keluarga miskin. Bagi Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, itu bukan masalah. Sebab Pemkot Makassar sudah menyediakan kuota 20 persen tersebut sejak tiga tahun lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar mengatakan sudah memiliki kebijakan khusus untuk siswa dari keluarga miskin dalam sistem penerimaan peserta didik baru. Bahkan kebijakan itu mendahului keputusan pemerintah pusat.

"Sudah berjalan tiga tahun terakhir, kebijakan memprioritaskan masyarakat prasejahtera untuk diterima di sekolah," ujar Ismunandar di ruang kerjanya, Jumat 16 Juni 2017.

Pemkot juga tak memberlakukan syarat khusus bagi penerima kuota tersebut. Calon siswa cukup enunjukkan kartu sosial sebagai syarat. Kartu itu membuktikan dirinya berasal dari keluarga prasejahtera.

Calon siswa prasejahtera, kata Ismunandar, diprioritaskan diterima pada sekolah yang dekat dengan domisilinya. Dengan syarat memenuhi kriteria lain pada jalur yang ditempuh. Misalnya pada jalur akademik yang mengacu pada nilai kelulusan tingkat sebelumnya.

Lebih lanjut, penerapan kebijakan ini diyakini tidak jadi beban bagi siswa reguler lainnya. “Karena ada kuota tersendiri, pembiayaannya lain. Makanya tidak jadi beban,”  ujar Ismunandar.

Tidak disebutkan jumlah anggaran yang disiapkan guna menampung calon siswa prasejahtera. Menurut Ismunandar, nilainya berbeda-beda setiap tahun.  Tergantung berapa banyak yang dinyatakan lulus.

“Untuk tahun ini alokasinya belum pasti. Nanti kalau sudah ada jumlah pasti berapa yang lulus, kita ajukan pada penyaluran beasiswa. Entah itu jalur Indonesia Pintar atau yang lain,” dia menambahkan.


(RRN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA