Kejari Numfor Tinjau Penyaluran Dana Desa

Antara    •    Rabu, 13 Sep 2017 09:34 WIB
dana desa
Kejari Numfor Tinjau Penyaluran Dana Desa
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Biak: Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Negeri Numfor, Papua, meninjau penyaluran dan pemanfaatan alokasi dana desa di berbagai kampung di Biak Numfor dan Kabupaten Supiori. Hingga saat ini, para kepala kampung sudah diberikan penyuluhan tentang penggunaan dana desa agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran.

"Berdasarkan hasil peninjauan lapangan TP4D di berbagai kampung di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori, penggunaan dana desa masih berjalan lancar sesuai dengan kebijakan pemerintah setempat," kata Ketua TP4D Kejari Numfor Salemuddin di Biak, Rabu 13 September 2017.

Salemuddin berharap, para kepala kampung tetap mematuhi prosedur dalampenyaluran dan pemanfaatan alokasi dana desa. Sehingga, tidak harus berurusan dengan hukum nantinya.

Menurut Salemuddin, TP4D Kejari Numfor selalu siap mendampingi dan memberikan advokasi kepada para kepala kampung untuk melaksanakan kebijakan yang tepat dan tidak menyalahi aturan. Kebijakan penyaluran dana desa yang dilakukan Pemda Biak dan Supiori dilakukan dengan dua tahap pencairan dengan besaran 60 persen tahap pertama dan 40 persen tahap kedua.

"Pemanfaatan dana desa diserahkan sepenuhya kepada pemerintahan kampung setempat dengan memperhatikan kebijakan kebutuhan warga kampung bersangkutan," lanjutnya.

Pada 2017, alokasi dana desa di Biak mencapai sekitar Rp180 miliar untuk 257 kampung dengan besaran per kampung Rp720 juta dan Kabupaten Supiori Rp27 miliar untuk 38 kampung.


(NIN)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA