Mitigasi Bencana Warga di Sekitar Gunung Agung Membaik

Antara    •    Jumat, 25 Jan 2019 08:00 WIB
erupsi gunung agungMitigasi Bencana
Mitigasi Bencana Warga di Sekitar Gunung Agung Membaik
Petugas dari BPBD Karangasem, Bali menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat Desa Ban, Kecamatan Kubu guna mengurangi dampak abu vulkanik erupsi Gunung Agung. MEDIA INDONESIA Koresponden, Fotografer: RUTA SURYANA.

Denpasar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi Bali menilai mitigasi bencana bagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan Gunung Agung, Karangasem, Bali, sudah semakin baik dibanding saat terjadi letusan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami melihat masyarakat kita sudah semakin siap untuk menyelamatkan diri harus kemana, sebelum menerima arahan dari petugas atau pejabat terkait," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali Dewa Putu Mantera di Denpasar, Bali, Kamis, 24 Januari 2019.

Dewa Mantera menjelaskan, kesiapan masyarakat di kawasan Gunung Agung menghadapi bencana tidak terlepas dari kerja sama antara jajaran BPBD dengan sejumlah pihak terkait. Banyak petugas yang turut mengedukasi dan masyarakat soal mitigasi bencana.

"Kami dari sisi petugas juga meningkatkan kewaspadaan karena siapa tahu hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga kami bisa lebih matang mempersiapkan diri," beber Dewa Mantera.

Terkait dengan erupsi Gunung Agung yang sempat terjadi dalam beberapa hari terakhir, kata Dewa Mantera, hal itu masih tergolong intensitas kecil dan tidak sampai berdampak pada wisatawan.

Sejumlah masker yang disiapkan BPBD dan Dinas Karangasem juga sudah ada yang dibagikan kepada warga yang terdampak abu Gunung Agung.

"Meskipun erupsinya masih kecil, kita mestinya tetap siap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan erupsi yang lebih besar. Ya, mudah-mudahan saja tidak sampai terjadi," pungkas Dewa Mantera.


(DEN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA