Triwulan II, Serapan Anggaran Belanja Sulut Baru 37%

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 14 Jul 2017 16:40 WIB
apbd
Triwulan II, Serapan Anggaran Belanja Sulut Baru 37%
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Manado: Penyerapan anggaran belanja daerah 2017 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara hingga triwulan II belum mencapai 50 persen dari target Rp3.572.342.500.000. Hingga saat ini, serapan belanja daerah baru terealisasi 37 persen.

Kasubag Pelaporan Keuangan Dinas Pendapatan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemprov Sulut Steven Kumenit mengatakan, terkendalanya serapan belanja daerah lantaran banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum melakukan penarikan anggaran. Padahal, proyeknya telah berjalan.

"Saya tidak tahu alasan SKPD. Namun, biasanya penarikan anggaran dilakukan pada akhir tahun," kata Steven di Manado, Jumat 14 Juli 2017.

Steven mencontohkan, proyek di Dinas Pekerjaan Umum. Meski anggaran di pemda belum cair, proses pengerjaan proyek telah dilaksanakan pemenang tender, dalam hal ini pihak ketiga.

"Biasanya pihak ketiga yang memiliki modal cukup besar membiayai seluruh anggaran proyek. Kemudian, anggarannya diganti setelah adanya penarikan anggaran oleh dinas terkait pada akhir tahun. Namun, sekali lagi, saya tidak tahu alasan mereka kenapa menarik anggaran pada akhir tahun," jelas Steven.

Seharusnya, kata Steven, dinas mengikuti prosedur yang ada agar jumlah anggaran yang terserap segera diketahui.

Menurut Steven, anggaran belanja paling besar ada pada infrastruktur dan belanja pegawai. Sayangnya, ia enggan merinci besarannya.

Sementara untuk pendapatan daerah, Steven mengatakan, sampai saat ini Sulsel sudah mencapai 52 pereen dari target Rp3.556.372.800.000.


(NIN)